Selasa, 30 April, 2024

Komisi IV DPR Minta Pemerintah Kendalikan Sampah Laut

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI Andi AKmal Pasluddin mengatakan bahwa ketika Indonesia mampu mengendalikan sampah laut dengan dua tujuan sekaligus, yakni memperbaiki ekosistem pantai dan memproduksi energi dari bahan baku sampah. Maka, hal itu akan menjadi prestasi Indonesia di mata dunia, terutama pada upaya mengatasi persoalan lingkungan di laut.

Hal itu itu dismpaikannya sebagai bentuk dukungan dari rencana pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meyelesaikan persoalan sampah laut.

“Laut ini sudah bisa bersih aja terutama pantai-pantainya sudah sangat bagus, apalagi bila mampu sampahnya diubah menjadi energi tenaga sampah, akan menjadi prestasi yang luar biasa di dunia internasional,” kata Akmal dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (2/12).

Menurut politisi Fraksi PKS tersebut, pada tahun 2016, Forum Ekonom Dunia menemukan fakta di lapangan bahwa ada150 juta ton plastik di samudera di setiap belahan bumi ini. Plastik yang tumpah dari daratan ke laut, setiap tahunnya sebesar 8 juta ton. Ketika plastik tidak terurai dalam jangka ratusan tahun, akumulasi ini tidak terbendung bila tidak ada upaya kesadaran dan penyelamatan dari manusia.

- Advertisement -

Akmal menyampaikan bahwa fraksi tengah mengusulkan revisi RUU Penanganan Sampah. UU Nomor 18 2008 tentang Pengelolaan Sampah perlu penguatan sisi regulasi untuk menjawab persoalan sampah yang semakin kompleks. Hal itu, imbuh dia, sejalan dengan program pemerintah ke depan sekaligus mengakomodir banyak ide dari berbagai forum untuk mengatasi persoalan lingkungan dan energi sekaligus.

Bila kegiatan penanganan sampah laut ini serius ditangani lintas sektoral, bukan hal mustahil Indonesia mampu mengatasi persoalan sampah terutama sampah laut yang berimplikasi pada pengembalian kualitas ekosistemnya.

“Saya berharap program penanganan sampah laut ini bukan sekedar lips service pemerintah untuk pencitraan saja. Program ini sangat bagus dan perlu dukungan semua pihak. Menjawab tantangan energi dari sampah sekaligus mengatasi persoalan lingkungan kawasan pantai dan laut akan menjadi prestasi mengagumkan di mata dunia,” pungkas Akmal.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER