PEMERINTAHAN

Menteri UMKM Berharap Alfamart Run Jadi Ajang Kolaborasi untuk Kembangkan UMKM

MONITOR, Jakarta – Menteri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman berharap ajang “Alfamart Run 2025: Berlari Dengan Makna”, yang akan diselenggarakan pada 19 Oktober 2025 di Senayan, Jakarta, bisa menjadi ajang kolaborasi dalam mengembangkan UMKM.

“Ajang kolaborasi seperti Alfamart Run 2025 menjadi contoh nyata bagaimana swasta dapat mengambil peran lebih besar dalam mendorong pertumbuhan UMKM. Karena untuk mendorong pertumbuhan UMKM, perlu kolaborasi dari berbagai pihak,” ujar Menteri Maman saat memberi sambutan dalam acara Press Conference Alfamart Run 2025 di Jakarta, Kamis (10/7/2025).

Menurutnya ajang ini bukan hanya perayaan kebugaran dan kebersamaan, namun juga menjadi momen penting untuk mendorong pertumbuhan pengusaha UMKM Indonesia.

Menteri Maman menyebut Alfamart merupakan salah satu mitra strategis Kementerian UMKM, melalui perannya dalam perluasan pasar.

“Sebaik apapun program pembiayaan, pelatihan, dan pendampingan yang Kementerian UMKM berikan kepada pengusaha mikro kecil dan menengah, pada akhirnya membutuhkan perluasan akses pasar,” katanya.

Menurutnya, keberadaan Alfamart sebagai salah satu mitra strategis Kementerian UMKM harus mampu membuka ruang sebesar-besarnya kepada usaha mikro kecil agar bisa mengakses pasar di seluruh Indonesia.

Sektor ritel, kata Menteri Maman, memiliki kontribusi penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi rumah tangga berkontribusi lebih dari 54 persen terhadap PDB kuartal I 2025.

“Ini merupakan peluang besar bagi UMKM untuk memanfaatkan pasar ritel modern dalam memperluas jangkauan pasarnya. Melalui kolaborasi seperti ini, saya optimistis UMKM Indonesia bisa naik kelas, tumbuh lebih inklusif, adil, dan berdaya saing,” katanya.

Menteri Maman berharap kegiatan ini mampu mendorong semangat para pengusaha UMKM agar lebih kreatif, adaptif, dan inovatif dalam mempromosikan produknya.

“Karena promosi tidak hanya soal menjual, tetapi juga bagaimana menciptakan cerita, membangun merek, dan memanfaatkan teknologi digital agar produk UMKM mampu menembus pasar yang lebih luas,” ujarnya.

Recent Posts

Forum ICMI, Prof Rokhmin paparkan Strategi Transformasi Sektor Pangan untuk Wujudkan Kedaulatan

MONITOR - Anggota Komisi IV DPR-RI Prof Rokhmin Dahuri mendorong pemerintah untuk melakukan transformasi sektor…

12 menit yang lalu

Satu Dosis Vaksin Tak Cukup, Kementan Gaungkan Vaksinasi Booster PMK

MONITOR, Jakarta — Pemerintah terus memperkuat upaya pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) melalui pelaksanaan…

3 jam yang lalu

Soroti Jutaan Sarjana Nganggur, Puan Dorong Orkestrasi Lintas Kementerian Jembatani Pelamar Kerja

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti jumlah pengangguran berpendidikan sarjana di Indonesia…

6 jam yang lalu

Dukung Ketahanan Air dan Pangan, Kementerian PU Perkuat Infrastruktur Sumber Daya Air di Kalbar

MONITOR, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terus memperkuat program dukungan ketahanan air dan pangan…

11 jam yang lalu

Diplomat Kemenlu Meninggal, DPR Singgung Peran Arya Bagi Diplomasi dan Advokasi Indonesia

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Junico Siahaan menyampaikan duka cita atas meninggalnya…

12 jam yang lalu

Pembangunan Jalan Tol Solo–Yogyakarta–NYIA Kulonprogo Segmen Prambanan-Purwomartani Dipastikan Sesuai Rencana

MONITOR, Purwomartani - Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Rivan Achmad Purwantono, melakukan tinjauan langsung…

12 jam yang lalu