MONITOR, Surabaya – PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) memastikan kesiapan pelayanan operasional jalan tol di Wilayah Jawa Timur khusunya menjelang dimulainya periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1446 H. Hal ini disampaikan melalui konferensi pers yang berlangsung pada Kamis, 20 Maret 2025 di Kantor Representative Office 3 Ruas Tol Surabaya-Gempol.
Turut hadir pada konferensi pers ini Direktur Operasional PT JTT Pratomo Bimawan Putra, Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Ngawi Kertosono Arie Irianto, Dirut PT Jasamarga Surabaya Mojokerto D. Hari Pratama, Dirut PT Jasamarga Pandaan Malang dan PT Jasamarga Pandaan Tol Netty Renova, Dirut PT Jasamarga Gempol Pasuruan Muhammad Taufik Akbar, Direktur Teknik I PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi Eric Januar Siahaan, Senior Manager RO 3 Ruas Tol Surabaya-Gempol Agus Susilo, Vice President Corporate Secretary and Legal JTT Ria Marlinda Paallo, dan Kepala Area PT Jasamarga Related Business Wilayah Jawa Timur.
Direktur Operasional PT JTT Pratomo Bimawan Putra menyampaikan kesiapan layanan operasional Idulfitri 1446 H Jasamarga Transjawa Tol Wilayah Jawa Timur. “Guna memberikan layanan yang optimal kepada penguna jalan tol pada arus mudik dan balik Idul Fitri, Jasamarga Transjawa Tol Wilayah Timur memberikan layanan tambahan yaitu pada layanan operasional berupa penyiapan derek cadangan, penambahan personil layanan dan penambahan layanan tambahan titik top up kartu uang elektronik,” ujarnya. Bima melanjutkan, “Selain itu, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga memastikan layanan preservasi dan layanan rest area terpenuhi sesuai dengan rencana,“ ungkapnya.
Vice President Corporate Secretary and Legal JTT Ria Marlinda Paallo sekaligus moderator dalam acara ini juga menyampaikan upaya perusahaan agar mendukung perjalanan lancar, “Untuk menunjang kelancaran perjalanan, perusahaan telah menyiapkan tambahan titik layanan top up, penyediaan kartu uang elektronik dan penyiagaan Mobile Reader. Upaya lainnya di bidang preservasi yaitu pengaturan jadwal pemeliharaan periodik (Scrapping, Filling, Overlay), pengerahan tim patching dan tim lingkungan untuk memonitor kebersihan jalan dan saluran drainase, melakukan inspeksi terhadap titik-titik saluran yang mengalami sedimentasi dan pendangkalan, melakukan langkah preventif dengan normalisasi, pembersihan drainase dan pembangunan tanggul penahan genangan dan banjir, serta menyiagakan personil dan sarana untuk antisipasi keadaan darurat apabila terjadi genangan air atau kondisi khusus,” tuturnya.
Selanjutnya Ria menambahkan, “Perusahaan akan terus memberikan informasi terkait update seputar arus mudik dan balik Lebaran 2025 baik itu kondisi lalu lintas maupun hal-hal lain yang berpengaruh terhadap kelancaran lalu lintas. Setiap informasi yang akan dikeluarkan tentunya setelah melalui tahapan filter dan validasi sehingga efektif untuk disampaikan sesuai dengan kebutuhan,“ ujarnya.
Guna menciptakan kondisi lalu lintas yang lancar, aman dan nyaman, PT Jasamarga Transjawa Tol mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kesiapan perjalanan, memilih waktu dan rute perjalanan yang tepat, mengikuti aturan selama perjalanan dan aturan di rest area.
Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.4 untuk pengguna iOS dan Android.