BUMN

Kementerian BUMN Gelar Workshop Komunikasi dan Optimasi AI untuk Media Sosial

MONITOR, Bandung – Komunikasi yang kuat dan strategis menjadi kunci keberhasilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menjaga kepercayaan publik dan menjalankan perannya sebagai agen pembangunan. Untuk memperkuat strategi komunikasi hingga ke level terbawah, Kementerian BUMN menggelar “Workshop Komunikasi dan Optimasi AI untuk Media Sosial” pada 21-22 Februari 2025 di Bandung.

Workshop ini diikuti oleh 121 peserta yang terdiri dari perwakilan tim komunikasi dan pengelola media sosial di berbagai BUMN. Kegiatan ini juga mencakup site visit ke PT Pos Indonesia serta kunjungan ke dua UMKM binaan Rumah BUMN, yaitu Kampung Radjoet (Rumah BUMN Pertamina) dan Batik Dama Karya (Rumah BUMN BRI).

Workshop ini menandai perubahan pola komunikasi di lingkungan BUMN.
“Terima kasih ini kita ngomongin tentang workshop komunikasi, perubahannya ada. Tahun ini memang kita mengubah pola komunikasi. Kalau dulu tahun lalu kita ngomongin social media rangers, kalau sekarang kita sudah masuk kepada supaya semua BUMN, sampai cabang-cabangnya, ngomongin komunikasi. Karena BUMN ini punya potensi besar untuk komunikasi,” Arya Sinulingga Staf Khusus Menteri BUMN dalam sambutannya.

Komunikasi yang Efektif Dimulai dari Desentralisasi

Di era digital, komunikasi yang efektif tidak hanya terpusat pada kantor pusat atau tim humas di tingkat korporasi, tetapi harus merata hingga ke setiap unit kerja. “Namanya komunikasi, yang paling baik adalah desentralisasi. Harus membuat komunikasi sampai dengan level terbawahnya,” lanjut Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN

Dengan sistem komunikasi yang terdesentralisasi, setiap unit di BUMN memiliki pemahaman yang sama dalam menyampaikan pesan kepada publik. Ini akan memastikan bahwa informasi yang diberikan akurat, transparan, dan konsisten, sesuai dengan strategi komunikasi perusahaan.

Sebaliknya, kesalahan dalam komunikasi bisa berdampak besar bagi perusahaan. “Salah komunikasi akan membuat goyah sebuah lembaga atau perusahaan. Komunikasi itu pentingnya bukan main. Di samping itu, kesalahan komunikasi dapat menghilangkan opportunity perusahaan,” tegas Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN. Oleh karena itu, setiap individu yang bertanggung jawab atas komunikasi di BUMN perlu memahami pentingnya menyampaikan pesan dengan benar dan tepat sasaran.

Topik utama yang dibahas dalam workshop ini meliputi:

✅ Desentralisasi komunikasi di lingkungan BUMN untuk memastikan keselarasan pesan dari pusat hingga cabang dan unit terkecil
✅ Strategi komunikasi digital berbasis AI guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyampaian informasi
✅ Storytelling dan branding BUMN di media sosial sebagai upaya membangun citra positif perusahaan
✅ Pemanfaatan AI dalam pembuatan dan distribusi konten agar komunikasi lebih cepat dan berbasis data
✅ Best practice dalam pengelolaan komunikasi lintas unit di BUMN

Sebagai bagian dari workshop, peserta juga melakukan site visit ke PT Pos Indonesia untuk memahami lebih dalam transformasi digital dan strategi komunikasi perusahaan dalam menghadapi perubahan industri.

Selain itu, peserta juga mengunjungi dua UMKM binaan Rumah BUMN, yaitu:
✔ Kampung Radjoet (Rumah BUMN Pertamina), yang dikenal sebagai sentra kerajinan rajut khas Bandung dengan produk unggulan hasil kreativitas masyarakat lokal.
✔ Batik Dama Karya (Rumah BUMN BRI), yang mengusung batik sebagai warisan budaya dengan sentuhan inovasi dalam desain dan teknik pewarnaan.

Melalui kunjungan ini, peserta mendapatkan wawasan langsung tentang bagaimana BUMN tidak hanya membangun komunikasi digital yang kuat, tetapi juga berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui program-program binaan.

Workshop ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi seluruh BUMN untuk menerapkan strategi komunikasi yang lebih inovatif dan memanfaatkan AI guna meningkatkan kualitas serta jangkauan komunikasi digital. Dengan komunikasi yang lebih terbuka, transparan, dan terintegrasi dari pusat hingga ke level terbawah, BUMN dapat semakin dekat dengan masyarakat serta memberikan informasi yang lebih akurat dan relevan, sejalan dengan visi transformasi digital yang diusung oleh Kementerian BUMN.

Recent Posts

Bedah Buku ‘Kupas Tuntas Rahasia Puasa’ di Masjid Puri Bali

MONITOR, Depok - Masjid Puri Bali Bojongsari, Sawangan, Kota Depok, menggelar acara bedah buku Kupas…

2 jam yang lalu

Lebih 100 Ribu Jemaah Reguler 2025 Lunasi Biaya Haji

MONITOR, Jakarta - Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) bagi jemaah reguler 1446 H/2025 M…

2 jam yang lalu

HUT Ke-79 TNI AU, Kaskoopsud II Pimpin Upacara Pembukaan Pertandingan Olahraga Antar Satuan

MONITOR, Makassar - Panglima Komando Operasi Udara II Marsda TNI Deni Hasoloan, S., yang diwakili…

4 jam yang lalu

IPW Tegaskan Polri Tidak Anti Kritik, Beda dengan Kejaksaan

MONITOR, Jakarta - Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso, menegaskan bahwa Polri yang…

8 jam yang lalu

Direktur Diktis Paparkan Empat Formula Dosen Cetak Mahasiswa Berkarakter

MONITOR, Jakarta - Menjadi seorang dosen tidak hanya persoalan menunaikan tugas mentransfer ilmu kepada anak…

8 jam yang lalu

Tinjau Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Menteri Dody: Telah Penuhi Standar FIFA dan Siap Diresmikan

MONITOR, Jatim – Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo memastikan bahwa Stadion Gelora Delta Sidoarjo…

10 jam yang lalu