BUMN

Dukung Pengelolaan Sampah Ramah Lingkungan, Jasa Marga Berikan Bantuan Mesin Komposter di Rest Area Ruas Tol Cipularang

MONITOR, Jakarta – Sebagai bagian dari komitmen dalam menjalankan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali menunjukkan langkah nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan. Pada kesempatan ini, Jasa Marga menyalurkan bantuan berupa Mesin Pencacah Sampah Organik (Komposter) kepada pengelola Rest Area Travoy Km 88 A dan 88 B di Ruas Tol Cipularang, pada Selasa (22/10). Bantuan ini merupakan bagian dari upaya mendukung pengelolaan sampah yang berkelanjutan di area tersebut.

Acara seremonial penyerahan mesin komposter dihadiri oleh Community Engagement & CSR Section Head Jasa Marga Tatang Kusdiana, beserta tim. Mesin ini secara resmi diserahkan kepada perwakilan pengelola Rest Area Travoy Km 88 A dan 88 B, Region Head II PT Jasamarga Related Business (JMRB) Dondi Dwi Susanto. Selain mesin komposter, Jasa Marga juga memberikan Mesin Pengaduk Kompos, Mesin Pengayak Kompos, serta bahan-bahan pengolahan seperti Obat Aktivator dan Penggembur Sampah Organik.

Di tempat terpisah, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menegaskan bahwa penyerahan mesin ini adalah bagian dari komitmen Jasa Marga untuk mendukung inisiatif ramah lingkungan di rest area, sejalan dengan pilar lingkungan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 11: Kota dan Pemukiman Berkelanjutan.

“Bantuan ini merupakan langkah konkret Jasa Marga dalam mendukung program pengelolaan sampah di Rest Area Travoy Km 88 A dan 88 B. Kami berharap melalui inisiatif TJSL ini, kami dapat berkontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan,” ujar Lisye.

Lebih lanjut, Lisye menyampaikan harapannya agar bantuan mesin komposter ini bisa memberikan dampak jangka panjang bagi pengelolaan sampah organik di rest area, yang nantinya bisa diolah menjadi kompos dan digunakan sebagai media tanam atau pupuk organik, tidak hanya di rest area, tetapi juga di berbagai tempat lainnya.

“Dengan pengolahan sampah organik yang lebih efektif, kami berharap lingkungan rest area menjadi lebih nyaman dan asri bagi pengunjung, serta dapat memberikan manfaat bagi ekosistem di sekitarnya,” tambahnya.

Dondi Dwi Susanto, selaku Region Head II PT JMRB, turut menyampaikan apresiasinya atas kepedulian Jasa Marga terhadap pengelolaan sampah di Rest Area Travoy Km 88 A dan 88 B.

“Kami sangat berterima kasih kepada Jasa Marga atas bantuan ini. Bantuan mesin komposter ini akan sangat membantu kami dalam menangani sampah organik di lingkungan rest area. Kami berharap inisiatif ini dapat terus berlanjut demi menciptakan rest area yang lebih ramah lingkungan dan nyaman bagi setiap pengunjung,” ucap Dondi.

Dengan semangat core value AKHLAK, Jasa Marga yakin bahwa pelaksanaan program TJSL ini merupakan langkah strategis dalam mendukung kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar area tol. Jasa Marga berkomitmen untuk terus menjalankan program-program yang memberikan dampak positif, tidak hanya bagi pengguna jalan tol, tetapi juga bagi ekosistem dan masyarakat yang ada di sekitar koridor jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group.

Recent Posts

Prabowo Latih Para Menteri Baris Berbaris untuk Samakan Gerak Langkah Pemerintah

MONITOR, Magelang - Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Penasehat dan Utusan Khusus Kabinet Merah Putih…

17 menit yang lalu

Telah Dibuka, Telkom Ajak Masyarakat Melestarikan Lingkungan Lewat Kompetisi Bumi Berseru Fest

MONITOR, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan digital telekomunikasi di Indonesia…

23 menit yang lalu

Gelar Diseminasi Grasi Berbasis Elektronik, Direktur Pidana: Ini Dapat Memangkas Proses Layanan Permohonan Grasi

MONITOR, Malang - Direktur Pidana pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU), Haris Sukamto,…

45 menit yang lalu

Pastikan Setiap Aspirasi Rakyat Diproses, BAM DPR Siap Audiensi Langsung

MONITOR, Jakarta - Ketua Badan Aspirasi Masyarakat (BAM) DPR RI Netty Prasetiyani Aher memastikan suara…

55 menit yang lalu

Presiden Prabowo Diminta Hidupkan Kembali BATAN

MONITOR, Jakarta - Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto perlu membentuk kembali Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)…

56 menit yang lalu

Berseragam Loreng, Mentan Amran Bersama Menhan Sjafrie dan Penasihat Khusus Presiden Dudung Kompak Ikuti Pembekalan di Akmil Magelang

MONITOR, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertahanan (Menhan) Sjafrie Sjamsoeddin, Penasihat…

1 jam yang lalu