NASIONAL

Politisi PKS Minta Presiden Kembalikan BATAN, LAPAN dan BPPT

MONITOR, Jakarta – Pembina Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI), Mulyanto minta Presiden Prabowo Subianto mengembalikan pengelolaan bidang riset dan teknologi seperti zaman Pemerintahan Presiden BJ. Habibie. Bidang Ristek harus diberi perhatian yang cukup agar dapat berkembang dan memberi kontribusi nyata bagi masyarakat.

Anggota Komisi Energi dan Ristek DPR RI Periode 2019-2024 itu menilai selama 10 tahun terakhir pengelolaan bidang ristek carut-marut. Penggabungan semua lembaga riset ke dalam satu badan menimbulkan banyak masalah yang sampai hari ini belum dapat diselesaikan. Ujung-ujungnya aktivitas riset menurun dan manfaat bagi masyarakat kurang dirasakan.

“Yang sangat penting, sesuai dengan amanat UU Ketenaganukliran dan UU Keantariksaan, Pemerintah harus memisahkan kembali Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) yang sebelumnya dilebur ke dalam BRIN,” Kata Mulyanto melalui keterangan tertulis yang diterima MONITOR Kamis, 24 Oktober 2024

Mulyanto menjelaskan, sejak dilebur ke dalam BRIN, selain menyalahi undang-undang, kedua lembaga ini relatif mati suri dan merosot kinerjanya.

“Termasuk juga Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sejak dilebur kedalam BRIN praktis tidak ada kinerja yang mencolok. Berbagai program strategis nasional yg sebelumnya sukses dipreteli satu-per satu,” terang Mulyanto.

Mulyanto prihatin melihat program pengembangan perekayasaan dan pengkajian teknologi, termasuk layanan teknologi mandeg. Riset diarahkan terutama untuk memproduksi paper ilmian di jurnal internasional.

“Saatnya Presiden melakukan desentralisasi kelembagaan ristek agar lembaga-lembaga ini kembali menjadi lincah dan berkinerja tinggi, ketimbang mempertahankan lembaga superbody yang sentralistik

Untuk mendorong kinerja industri dan hilirisasi sumber daya alam yang bernilai tambah tinggi dibutuhkan dukungan kelembagaan Ristek yang kokoh.

Jadi sebaiknya Presiden Prabowo segera menata ulang kelembagaan riset dan teknologi nasional pada Pemerintahannya. Syukur-syukur saintek kita bisa kembali jaya seperti pada masa Pak Habibie dulu,” harap Mulyanto.

Recent Posts

Telkom Raih Golden World Award 2024, Penghargaan Bertaraf Internasional dari IPRA

MONITOR, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meraih penghargaan kehumasan bertaraf internasional pada…

3 menit yang lalu

Sjafrie Sjamsoeddin Perkuat Kerjasama Pertahanan dengan China

MONITOR, Jakarta - Menteri Pertahanan RI Sjafrie Sjamsoeddin menerima kunjungan kehormatan Duta Besar China Untuk…

7 menit yang lalu

DPR Dorong Restorative Justice di Kasus Guru Supriyani

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal menyoroti kasus guru honorer, Supriyani…

1 jam yang lalu

OVOP Go Global Perluas Pasar IKM Unggulan Berkearifan Lokal

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian terus melaksanakan berbagai program dan kegiatan strategis dalam upaya pengembangan…

1 jam yang lalu

Bakamla Usir Kapal China Coast Guard dari Laut Indonesia

MONITOR, Natuna Utara - Berselang satu hari, Kapal China Coast Guard (CCG) 5402 kembali memasuki…

3 jam yang lalu

Kemenlu Kutuk Keras Aksi Militer Israel Bakar Rumah Sakit Indonesia di Gaza

MONITOR, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengutuk keras aksi pembakaran Rumah Sakit (RS)…

3 jam yang lalu