Kamis, 24 Oktober, 2024

100 Hari Kerja, Prof. Nasaruddin Umar Minta Itjen Perketat Pengawasan Etika Kerja Kemenag

MONITOR, Jakarta – Menteri Agama Nasaruddin Umar meminta Inspektorat Jenderal (Itjen) memperketat pengawasan etika kerja di Kementerian Agama. Ini menjadi salah satu target di 100 hari pertama kepemimpinan Nasaruddin Umar di Kemenag.

Hal tersebut disampaikan Menag Nasaruddin Umar saat memberikan arahan kepada Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag Faisal Ali Hasyim di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. “Kita berharap dalam 100 hari ini akan ada perbaikan signifikan, tidak hanya melaporkan hal-hal yang baik, tetapi juga menemukan solusi terhadap tantangan yang dihadapi,” tegas Menag Nasaruddin di Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Dikatakan Menag, penguatan etika kerja dan peningkatan pelayanan publik di Kementerian Agama menjadi salah satu fokus dalam tempo 100 hari ke depan.

“Salah satu langkah yang diusulkan adalah pelaksanaan kegiatan keagamaan secara lebih intensif sebagai upaya menjaga integritas dan moralitas dalam menjalankan tugas sehari-hari,” tuturnya.

- Advertisement -

Menag juga meminta Itjen untuk menjalankan evaluasi terhadap seluruh unit di lingkungan Kementerian Agama secara objektif dan menyeluruh, guna memastikan pelaksanaan kebijakan dan program sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Pengawasan yang dilakukan Itjen harus mencakup seluruh jajaran, mulai dari pimpinan hingga staf di level bawah, dan dilakukan dengan penuh tanggung jawab,” pesan Menag.

“Hari ini adalah awal lembaran baru untuk Itjen. Fokus utama adalah menjalankan undang-undang dengan penuh integritas, dan memastikan setiap tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku,” sambungnya.

Menag juga mengapresiasi langkah Irjen Kemenag yang segera melaporkan hasil kinerja satuan kerjanya. Menurutnya, langkah ini menunjukkan komitmen Itjen untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas di lingkungan Kementerian Agama.

“Saya mengapresiasi langkah proaktif dari Itjen dalam melaporkan kinerjanya, meskipun belum diminta. Ini adalah langkah yang baik dalam memastikan bahwa Itjen menjalankan fungsinya dengan tanggung jawab,” kata Menag Nasaruddin yang baru dilantik Presiden Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024.

Sebelumnya, Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim melaporkan kinerja pengawasan yang dilakukan Inspektorat Jenderal. Ia menuturkan, Itjen Kemenag berkomitmen untuk untuk terus meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan fungsi pengawasan.

“Kami akan memastikan setiap evaluasi dilakukan dengan objektif dan menyeluruh, serta mendukung reformasi internal yang diharapkan dapat memperkuat tata kelola di Kementerian Agama,” ungkap Irjen Faisal.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER