PENDIDIKAN

Kemenag Buka Pendaftaran Pengajuan Prodi PTKI Terakhir 30 Oktober 2024

MONITOR, Jakarta – Kabar baik datang dari Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama. Pengajuan pendaftaran program studi (prodi) kembali dibuka bagi Perguruan Tinggi Kegamaan Islam.

“Kami buka kembali pendaftaran pengajuan prodi bagi PTKI. Ini dibuka selama sebulan, dari 1 – 31 Oktober 2024,” terang Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ahmad Zainul Hamdi di Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Kick Off program ini dikemas dalam bentuk Sosialisasi Pembukaan Program Studi (Prodi). Menurut Ahmad Zainul Hamdi, sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang prosedur pengajuan perizinan prodi baru, sekaligus memberikan kepastian layanan terkait durasi setiap proses perizinan.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan layanan terbaik bagi para penyelenggara prodi dengan mengutamakan mutu dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi,” jelasnya.

Dikatakan Ahmad Inung, panggilan akrabnya, layanan pendaftaran pengajuan prodi sepenuhnya dilakukan secara daring melalui Pusaka SuperApp versi Android. Hal ini dilakukan untuk memastikan transparansi dan efisiensi. Dengan sistem online ini, interaksi fisik yang berpotensi terjadi penyelewengan dapat diminimalisir.

“Pengajuan perizinan prodi tidak lagi membutuhkan rekomendasi dari Kopertais. Ini untuk memotong birokrasi, karena sistem yang dikembangkan sudah cukup,” ujarnya.

Ahmad Inung menekankan bahwa mutu prodi harus benar-benar diperhatikan. Karena itu, civitas academica PTKI tidak cukup hanya mempersiapkan Borang, namun juga memastikan prodi yang akan dibuka memiliki dosen dengan latar belakang keilmuan yang linier, kurikulum yang jelas dan berbasis Outcome-Based Education (OBE), serta dukungan finansial dan sarana-prasarana yang memadai.

“Ini untuk memastikan bahwa prodi yang diajukan memiliki fondasi kuat, tidak hanya secara administratif tetapi juga substansial,” pesannya.

Khusus untuk pengajuan Prodi Pascasarjana, lanjut Ahmad Inung, perguruan tinggi yang mengajukan harus memastikan bahwa program studi S1 mereka telah memenuhi syarat dan memiliki mutu yang berkualitas. Pengajuan prodi baru tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

“Pihak yang hendak mengajukan pembukaan prodi baru juga diminta untuk mempertimbangkan aspek, termasuk peminat, penyerapan lulusan di Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Angkatan Kerja (DUDIKA),” sebutnya.

Setelah izin pembukaan prodi diberikan, lanjut Direktur PTK,I pengelola prodi harus segera mengurus akreditasi guna memastikan status legal dan nasib mahasiswa. Perguruan tinggi harus lebih memperhatikan mahasiswa untuk melaksanakan perkuliahan dengan serius dan maksimal. Sebab itu, akreditasi sangat penting bagi keberlanjutan program studi dan kepercayaan masyarakat.

“Direktorat PTKI memastikan bahwa semua layanan terkait pengajuan prodi dan izin operasional dapat diakses secara mudah melalui Pusaka Superapps versi Android, yang menjadi platform resmi untuk seluruh layanan pendidikan tinggi,” tegasnya.

Kasubdit Pengembagan Akademik Imam Bukhori menambahkan bahwa pendaftaran pembukaan prodi dibuka selama satu bulan, 1 – 31 Oktober 2024. Ke depan, pendaftaran pembukaan prodi akan dibuka dalam dua periode setiap tahunnya. Periode pertama dibuka pada Februari dan Maret, sedangkan periode kedua pada juli dan Agustus setiap tahun.

“Tentu, layanan ini akan terus dievaluasi sesuai perkembangan regulasi terbaru dan kondisi,” tandasnya.

Recent Posts

Rieke Diah Pitaloka Janji Kawal Kasus Korupsi hingga Badai PHK

MONITOR, Jakarta - Rieke Diah Pitaloka kembali terpilih sebagai Anggota DPR untuk periode 2024-2029. Di…

1 jam yang lalu

Jadi Anggota DPR Termuda, Annisa Mahesa Siap Beri Pembuktian

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI, Annisa Maharani Azzahra Mahesa menuai perhatian setelah menjadi pimpinan…

3 jam yang lalu

Kembali Jadi Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco: Kami Harus Lunasi Utang ke Rakyat

MONITOR, Jakarta - Sufmi Dasco Ahmad kembali terpilih menjadi Wakil Ketua (Waka) DPR RI untuk…

3 jam yang lalu

Pidato Pertama Puan Sebagai Ketua DPR 2024-2029: Terimakasih Rakyat

MONITOR, Jakarta - Puan Maharani kembali terpilih sebagai Ketua DPR RI. Usai dilantik sebagai Ketua…

4 jam yang lalu

Tok! Puan Kembali Terpilih Sebagai Ketua DPR

MONITOR, Jakarta - Penetapan pimpinan DPR periode 2024-2029 digelar dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang…

5 jam yang lalu

Menteri KKP Lepas Ekspor Tiga Kontainer Tuna Kaleng dari Banyuwangi Menuju Kanada

MONITOR, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melepas ekspor perdana tiga kontainer…

6 jam yang lalu