PENDIDIKAN

Pemberdayaan Alumni dan Tracer study

MONITOR, Jogjakarta – Alumni memegang peran penting dalam pengembangan perguruan tinggi dan juga berkontribusi pada akreditasi. Karena itu dibutuhkan tracer study untuk memantau keberadaan alumni.

Hal itu dikatakan Ketua Alumni Fakultas Tarbiyah IAIN/UIN Walisongo Semarang Angkatan 1993 (Fakta ’93) Ruchman Basori, pada Reuni Angkatan 1993 ke 6, pada 14-15 September di di Jogjakarta.

Ruchman mengatakan bahwa tracer study merupakan studi mengenai lulusan lembaga pendidikan tinggi semacam pelacakan alumni dan menganalisis perkembangan alumni setelah lulus, termasuk pekerjaan, pendidikan lanjutan, dan pencapaian lainnya.

Hasil dari Tracer Study lanjut Doktor Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini, digunakan sebagai bahan evaluasi dan acuan untuk menilai mutu pendidikan dari suatu perguruan tinggi.

Ruchman menegaskan, saya bangga kepada teman-teman Alumni Fakta ’93 IAIN Walisongo yang kini semakin mantap berkiprah baik di dunia pendidikan, politik, dunia usaha dan banyak berkiprah di wilayah keagamaan dan kebangsaan.

Reuni Fakta ’93 IAIN Walisongo mengambil takeline: “Seduluran Saklawase”, bertempat di Kediaman Prof. Dr. Maemunah, M.Ag, salah seorang Alumni Fakta ’93 yang diperistri oleh Prof. Dr. Zuhri, M.Ag Dosen UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.

Reuni diikuti oleh 70-an Alumni beserta keluarga, yang berasal dari beberapa daerah seperti Jakarta, Subang, Batang, Pekalongan, Kendal, Semarang, Demak, Kudus, Pati, Sragen, Banjarnegara, Cilacap, Blora, dan lain-lain.

Ketua Panitia Pelaksana Nuharsonif mengatakan reuni kali ini unik dan dibuat dengan semangat kekeluargaan untuk memperkerat solidaritas. “Selain untuk kemanfaatan diri kita, alumni diharapkan berkontribusi positif pada Fakta UIN Waliosngo”, katanya.

Tuan Rumah yang sekaligus Ketua Panitia Reuni tahun 2024 Maemunah merasa bangga dan memberikan apresiasi atas kehadiran teman-teman. “Saya merasa senang dan terharu, teman-teman yang dari jauh bisa hadir di rumah kami dan semoga mendatangkan manfaat dan berkah”, katanya.

Sekretaris Alumni Fakta ’93 Yusuf Hasyim memimpin rembugan alumni, diantaranya memutuskan Reuni Fakta ’93 mendatang akan digelar tiap dua tahun sekali dan diputuskan bertempat di Pati Jawa Tengah. Forum juga memilih Sahabat Abid sebagai Ketua Panitia Reuni 2026 dan Agus Setiono sebagai Bendahara.

“Pati memiliki daya btarik tersendiri, di sana ada desa wisata dan spot-spot wisata dan kuliner yang lain yang menarik untuk para alumni”, kata Yusuf.

Reuni berlangsung dengan penuh kekeluargaan, gayeng dan asik. Semua yang hadir diberikan kesempatan untuk bercerita yang unik-unik, mengenang saat kuliah di tahun 1993 – 2000.

Recent Posts

Diberikan Fasilitas Oleh Pemerintah, Diaspora Diharapkan Turut Membangun Bangsa

MONITOR, Jakarta - Setelah berakhirnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Tata Cara…

42 menit yang lalu

JakLingko Indonesia Raih Penghargaan Aplikasi Pembayaran Tiket Transportasi Umum Terfavorit

MONITOR, Jakarta - PT JakLingko Indonesia meraih penghargaan Kategori Aplikasi Pembayaran Tiket Transportasi Umum Terfavorit…

2 jam yang lalu

Netralitas Pejabat Daerah dan Anggota TNI-POLRI Dalam Pilkada Dipersonalkan di MK

MONITOR, Jakarta - Masyarakat sipil mempersoalkan kekosongan hukum ketentuan pidana mengenai pelanggaran netralitas Pejabat Daerah…

2 jam yang lalu

Hasil Survei Kepuasan Jemaah Haji 2024 Naik, BPS: Kami Independen

MONITOR, Jakarta - Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) Tahun 2024 mencapai 88,20 atau masuk…

4 jam yang lalu

Dukung Dekarbonisasi Penerbangan Nasional, Pertamina Patra Niaga Perluas Distribusi SAF

MONITOR, Bali - PT Pertamina Patra Niaga terus memperkuat perannya dalam mendukung transisi energi di sektor…

5 jam yang lalu

Platform Pijar Mahir Solusi bagi UMKM Semakin Cuan

MONITOR, Jakarta - Ekonomi digital di Indonesia yang turut menjadi fokus dari pemerintah hingga saat…

7 jam yang lalu