BERITA

Hasil Survei Kepuasan Jemaah Haji 2024 Naik, BPS: Kami Independen

MONITOR, Jakarta – Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) Tahun 2024 mencapai 88,20 atau masuk dalam kategori sangat memuaskan.

Angka ini mengalami kenaikan sebesar 2,37 dibandingkan dengan tahun 2023. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Sistem Informasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Joko Parmiyanto. “Survei ini kita selenggarakan dengan metode ilmiah, dengan kita menggali berbagai aspek dimensi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan. Tiga aspek ini itu kemudian kita cek betul-betul ke lapangan, ke jamaah,” ujar Joko Parmiyanto di Jakarta, Jumat, (20/9/2024).

Ia menjelaskan, survei dilakukan dengan pengisian kuesioner secara mandiri kepada 14.400 jemaah terkait kualitas berbagai pelayanan yang diterima. Selain kuantitatif, dilakukan pula wawancara untuk mengumpulkan data kualitatif, serta observasi fasilitas dan proses pelayanan yang diterima jemaah.

“Nah tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan, sehingga ini menjadi benchmark dan menjadi masukan buat teman-teman di Kementerian Agama,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Joko Parmiyanto menegaskan bahwa survei dilakukan apa adanya. Menurutnya, meski indeks kepuasan jemaah haji Indonesia naik pada tahun 2024 ini, indeks juga pernah mengalami penuruan di tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau dibilang selalu naik, enggak juga, karena ini independensi kami di BPS. Di dalam slide tadi saya perlihatkan bahwa ada naik turun, ada pernah tinggi secara indeks, pernah juga turun untuk indeks tersebut. Karena memang itu menunjukkan apa yang dirasakan oleh jamaah haji Indonesia,” jelasnya.

“Sempat ada beberapa kali penurunan, bahkan tahun 2023 juga ada penurunan Pak. Mungkin ya teman-teman PHU (Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah) menjadikan ini pelajaran, sehingga melakukan beberapa inovasi yang akhirnya bisa kita lihat hasilnya tahun 2024 ini,” ujarnya.

“Harus kami buktikan dari BPS bahwa kami itu independen. Itu kita lakukan apa adanya, kita potret, kita lihatkan, kalau turun ya turun. Justru malah kalau turun ini menjadi masukan buat Kementerian Agama, apa yang mesti diperbaiki, begitu,” lanjutnya.

“Jadi kami tidak ada tendensi, kami memotret apa adanya. Bukan karena kita kerjasama kemudian kami buat baik-baik, enggak juga. Kami apa adanya. Jadi ini independensi kami. Kalau ada yang mempertanyakan, itu sakitnya di sini gitu ya,” tuturnya.

Recent Posts

IFW: KEK Kasino Jadi Solusi Alternatif Atasi Krisis Utang Pemerintah

MONITOR, Jakarta - Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto ke depan perlu mempertimbangkan serius kebijakan Kawasan Ekonomi…

1 menit yang lalu

Dukung Dekarbonisasi Penerbangan Nasional, Pertamina Patra Niaga Perluas Distribusi SAF

MONITOR, Bali - PT Pertamina Patra Niaga terus memperkuat perannya dalam mendukung transisi energi di sektor…

3 jam yang lalu

Platform Pijar Mahir Solusi bagi UMKM Semakin Cuan

MONITOR, Jakarta - Ekonomi digital di Indonesia yang turut menjadi fokus dari pemerintah hingga saat…

4 jam yang lalu

Kebocoran Data Kembali Terjadi, Komisi I DPR: Ini Alarm Keras Buat Pemerintah!

MONITOR, Jakarta - Kebocoran data kembali lagi terjadi di Indonesia, kali ini peretasan data NPWP…

7 jam yang lalu

Cazbox by Metranet Dukung Sukses Pengelolaan Stunting di Boyolali

MONITOR, Jakarta - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten…

8 jam yang lalu

Menperin Ajak Kadin Indonesia Kerja Sama Bangun Industri Lima Tahun ke Depan

MONITOR, Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menerima Ketua Umum Baru Kamar Dagang dan…

8 jam yang lalu