Selasa, 17 September, 2024

DPR Yakin PON XXI Cetak Atlet Unggul yang Akan Bawa RI Makin Gemilang di Kancah Dunia

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira meyakini penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut yang dimulai bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2024 dapat mencetak atlet unggul berprestasi Indonesia. Ia juga memberikan apresiasi atas prestasi para atlet Indonesia di kancah internasional beberapa waktu terakhir.

“Saya yakin ajang PON XXI ini dapat mencetak bintang baru di bidang olahraga nasional. Prestasi para atlet kita mencerminkan kualitas dan dedikasi yang tinggi, yang harus didukung sepenuhnya oleh Pemerintah agar mereka dapat terus berkembang dan mengharumkan nama bangsa di panggung dunia,” ujar Andreas Hugo Pariera, Selasa (10/9/2024).

Andreas mengingatkan Pemerintah untuk terus mendukung para atlet dengan melakukan pengembangan bakat, fasilitas latihan, hingga peningkatan kesejahteraan dan masa depan mereka setelah karier profesionalnya.

Hal ini penting sebab menurut Andreas, banyak anak muda berbakat di bidang olahraga yang enggan meniti karier sebagai atlet karena dianggap tidak memiliki masa depan yang jelas saat pensiun.

- Advertisement -

“Atlet yang membawa nama baik Indonesia di tingkat internasional berhak mendapatkan apresiasi yang layak, baik dalam bentuk penghargaan finansial maupun jaminan kesejahteraan di masa pensiun dari dunia olahraga,” tuturnya.

“Dengan demikian, para atlet tidak hanya merasa didukung saat mereka masih aktif bertanding, tetapi masa depan mereka juga terlindungi sejalan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan,” sambung Andreas.

Sementara itu, PON XXI yang digelar di Aceh dan sebagian wilayah Sumut itu resmi dibuka kemarin, Senin (9/9), bertepatan dengan peringatan Haornas 2024. Pesta olahraga nasional itu mempertandingkan 65 cabang olahraga dengan melibatkan hampir 13.000 atlet.

Kepada para atlet, Andreas berpesan untuk memanfaatkan momen ini dengan maksimal.

“Manfaatkan PON dengan sebaik-baiknya karena PON adalah ajang pencarian bakat atlet-atlet unggul yang nantinya akan membawa Indonesia semakin gemilang di kompetisi olahraga dunia,” pesannya.

Masih dalam momen peringatan Haornas 2024 yang mengusung tema ‘Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara’, Andreas menilai kualitas olahraga Tanah Air sudah meningkat cukup pesat meskipun ada beberapa hal yang masih harus dibenahi.

“Haornas kali ini cukup spesial karena Indonesia mendulang cukup banyak prestasi. Termasuk kesuksesan Indonesia di Olimpiade Paris 2024, juara Piala AFF U-19 juara dan yang baru saja adalah keberhasilan di Paralimpiade Paris 2024,” sebut Andreas.

Indonesia berhasil membawa pulang 14 medali pada Paralimpiade Paris 2024 yang merupakan ajang atlet difabel dunia. Ini adalah rekor medali terbanyak yang diraih tim Indonesia sepanjang ikut serta dalam Paralimpiade.

Pada Paralimpiade Paris, Indonesia menduduki peringkat ke-50 di hasil akhir klasmen dengan berhasil membawa pulang medali satu emas, delapan perak dan lima perunggu. Medali emas tunggal Paralimpiade Paris 2024 dipersembahkan oleh cabang olahraga (cabor) badminton nomor ganda campuran, yakni Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila.

Andreas mengucapkan selamat kepada kontingen Indonesia atas keberhasilan di Paralimpiade 2024.

“Bukan hanya jadi hadiah pada peringatan Haornas 2024, keberhasilan tim Garuda di Paralimpiade Paris menambah kebanggaan rakyat Indonesia atas prestasi-prestasi para pahlawan olahraga Tanah Air di ajang internasional,” katanya.

Terlepas dari prestasi olahraga Indonesia di kejuaraan dunia, Andreas berharap Haornas 2024 juga dapat dijadikan sebagai momen refleksi bersama bahwa dunia olahraga tak melulu hanya dilihat sebagai ajang kompetisi tapi juga sebagai gaya hidup.

Andreas menilai, gerakan olahraga sebagai gaya hidup harus terus digaungkan agar masyarakat Indonesia semakin sehat.

“Dengan menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup, bangsa Indonesia akan menjadi lebih sehat dan kuat, baik secara fisik maupun mental,” ucap Andreas.

Anggota Komisi olahraga dan pendidikan DPR itu menyampaikan, gaya hidup sehat merupakan modal penting dalam menghadapi tantangan global di berbagai sektor. Oleh karena itu, Andreas meminta Pemerintah untuk melakukan berbagai peningkatan fasilitas yang memadai bagi masyarakat untuk berolahraga, baik di lingkungan perkotaan maupun pedesaan.

“Kami meminta Pemerintah untuk membangun fasilitas olahraga yang memadai di seluruh Indonesia, seperti area GBK di Jakarta. Dengan begitu masyarakat bisa melakukan olahraga tanpa terkendala keterbatasan fasilitas atau akses,” ungkap Legislator dari Dapil NTT I itu.

“Olahraga harus dijadikan sebagai gaya hidup masyarakat Indonesia karena penting dalam meningkatkan kualitas hidup, baik dari segi kesehatan fisik, mental, maupun sosial,” tambah Andreas.

Andreas juga menekankan pentingnya kampanye kesehatan melalui olahraga, yang tidak hanya melibatkan sektor pendidikan dan kesehatan, tetapi juga sektor-sektor lain yang relevan.

“Jika arah kebijakan Pemerintah optimal, olahraga dapat menjadi pilar penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” terangnya.

Untuk itu, DPR disebut akan berkomitmen mendukung program-program olahraga kemasyarakatan. Tentunya hal tersebut juga harus dibarengi dari dukungan masyarakat itu sendiri.

“Dengan fasilitas dan dukungan yang memadai, serta komitmen untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup, bangsa Indonesia dapat tumbuh menjadi bangsa yang lebih sehat, kuat, dan kompetitif di tingkat global,” tutup Andreas.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER