Selasa, 17 September, 2024

Jasa Marga Raih Penghargaan Indonesia’s Biggest Companies Kategori Infrastructures Dalam Ajang Fortune Indonesia 100 Gala 2024

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih penghargaan bergengsi Indonesia’s Biggest Companies untuk kategori Infrastructures dalam ajang Fortune Indonesia 100 Gala 2024 yang berlangsung di Jakarta, Jumat 06/09). Penghargaan ini membuktikan bahwa Jasa Marga sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan Most Profitable Companies By Net Profit Margin sebesar 31,9% dari data Fortune Indonesia 100 yang dirilis Agustus 2024.

Hadir mewakili manajemen Jasa Marga dalam acara tersebut, yakni Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Nixon Sitorus yang menerima secara langsung penghargaan kali ini. Nixon mengatakan bahwa capaian tersebut menandakan Perusahaan mampu menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kinerja dan kesehatan finansial Perseroan.

“Penghargaan yang diraih ini semakin memperkuat posisi Perseroan sebagai market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.264 KM yang merepresentasikan 45% jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia. Sedangkan total konsesi jalan tol yang dimiliki Perseroan adalah 1.736 KM di seluruh Indonesia,” kata Nixon.

Lebih lanjut, Nixon Sitorus menjelaskan Jasa Marga konsisten meningkatkan kinerja positif sepanjang Semester I Tahun 2024. Pada periode ini, Perseroan berhasil mencatat Pendapatan Usaha sebesar Rp2,35 triliun atau tumbuh 104,32% dari Semester I Tahun 2023.

- Advertisement -

Sementara itu Co-Founder IDN William Utomo menyampaikan bahwa Fortune Indonesia 100 dalam merilis 100 perusahaan teratas di Indonesia sepenuhnya mengadopsi metodologi standar dari Fortune 500 yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1955. Sehingga pada bulan Agustus setiap tahunnya, Fortune Indonesia menyusun dan menerbitkan daftar Fortune Indonesia 100 yang menyajikan 100 perusahaan teratas di Indonesia berdasarkan total pendapatan pada tahun fiskal masing-masing perusahaan.

“Pada daftar tersebut secara luas dianggap sebagai peringkat bergengsi dan menjadi ukuran kesuksesan bisnis. Pengaruh perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Fortune Indonesia 100 pun sekaligus dipandang sebagai pemimpin di industri mereka dan perekonomian secara keseluruhan,” ujar William.

Pada daftar Fortune Indonesia 100 tahun ini, terdapat 19 perusahaan yang tergolong sebagai BUMN, termasuk Jasa Marga. Kontribusi 19 perusahaan BUMN tersebut setara 50 persen total pendapatan yang Fortune Indonesia 100 rilis pada tahun ini. Perusahaan yang masuk ke dalam daftar Fortune Indonesia 100 harus merilis laporan keuangan yang telah diaudit, maksimal dengan jangka waktu 30 Juni 2024.

Perusahaan terbuka harus melaporkan kinerja keuangannya ke pihak regulator atau menampilkan pada situs perusahaan. Ketika perusahaan mencatatkan kinerja dalam dolar AS, maka perbandingan kinerja dengan tahun sebelumnya dilakukan dengan menggunakan mata uang yang sama. Namun, dalam daftar Fortune Indonesia 100, angka ditampilkan setelah dikonversi ke mata uang rupiah dengan kurs rata-rata tahun fiskal 2023, yaitu Rp15.416 per dolar AS.

Sebagai upaya menjaga pertumbuhan kinerja dan mengelola kesehatan finansial hingga akhir tahun 2024, Jasa Marga konsisten melakukan sejumlah inisiatif strategis. Dari sisi top line, Perseroan memastikan target tumbuhnya pendapatan usaha dapat tercapai dengan menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap optimal sekaligus upaya penyesuaian tarif jalan tol dapat dilakukan sesuai yang telah direncanakan. Selain itu, Perseroan juga berkomitmen menjaga EBITDA untuk selalu bertumbuh dengan memastikan alokasi anggaran secara efektif dan efisien untuk menjalankan program kerja yang tepat guna.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER