PEMERINTAHAN

Kementerian Agama Tegaskan Komitmen Layani Kelompok Rentan

MONITOR, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) menegaskan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan publik yang ramah terhadap kelompok rentan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kemenag, Nurudin, dalam rapat daring Evaluasi Pembinaan Publik Ramah Kelompok Rentan Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Kementerian Agama berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap kantor layanan kami memberikan akses yang setara bagi semua warga negara, terutama bagi mereka yang termasuk dalam kelompok rentan. Ini adalah tanggung jawab kami untuk memastikan pelayanan publik yang inklusif,” kata Nurudin, pada Selasa (21/8/2024).

Dikatakan Nurudin, sebagai bagian dari komitmen tersebut, Kemenag telah menyusun kebijakan Standar Pelayanan dan SOP khusus untuk kelompok rentan, yang mencakup pelayanan bagi lansia, wanita hamil, ibu dan anak, penyandang disabilitas, serta korban bencana. Ia juga menerangkan bahwa monitoring dan evaluasi pelaksanaan pelayanan publik ramah kelompok rentan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan untuk memastikan kebijakan tersebut berjalan dengan efektif.

“Kemenag juga memperkuat semangat pelayanan melalui motto dan slogan yang diterapkan di masing-masing unit pelayanan publik. Misalnya, Kemenag Bantul yang mengusung slogan “CEKATAN” sebagai cerminan semangat mereka dalam melayani masyarakat,” kata Nurudin.

“Untuk mendukung inisiatif ini, setiap unit pelayanan publik juga menyediakan anggaran khusus yang dialokasikan untuk pemeliharaan sarana prasarana, pengembangan teknologi informasi, dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia,” sambungnya.

Dijelaskan oleh Nurudin bahwa Inovasi juga menjadi salah satu fokus Kemenag dalam menciptakan dan mengembangkan layanan yang lebih baik bagi kelompok rentan. Beberapa program inovatif yang telah diluncurkan meliputi “Lenteraku,” “LaBRUSI,” pernikahan dengan bahasa isyarat, “BERANI” (Benah Rumah Bina Penghuni), serta penyediaan mobil khusus kelompok rentan dan berbagai layanan lainnya.

Dengan komitmen ini, Kemenag berharap dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik secara keseluruhan dan memastikan bahwa setiap warga negara, terutama yang rentan, dapat mengakses layanan dengan lebih baik dan layak. “Kami percaya bahwa dengan fokus pada lima aspek ini, kami dapat menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan mendukung untuk semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali,” ujar Nurudin.

Tampak hadir dalam rapat daring tersebut Kepala Biro berbagai Kementerian/Lembaga, Kabupaten, dan Kota.

Recent Posts

Wamen Helvi Sebut Sinergi UMKM Jadi Kunci Resilensi Ekonomi Nasional

MONITOR, Jakarta - Wakil Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Helvi Moraza menyebut bahwa…

5 menit yang lalu

DPR Minta Pemerintah Kerja Maksimal Pertahankan Status Kaldera Toba di UNESCO Demi Pariwisata RI

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Evita Nursanty memberi perhatian serius terhadap…

31 menit yang lalu

Pelecehan Seksual di SMPN 3 Depok, DPRD Minta Kepsek Tak Bikin Kesimpulan Sendiri

MONITOR, Jakarta - Peristiwa dugaan pelecehan seksual terhadap siswi SMPN 3 Depok, menuai kecaman dari…

2 jam yang lalu

203.309 Visa Jemaah Haji Indonesia Sudah Terbit

MONITOR, Jakarta - Tim Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah terus bekerja keras memproses visa jemaah…

2 jam yang lalu

Fenomena Ledakan Mobil Listrik, Sejauh Mana Asuransi Menanggungnya?

MONITOR, Jakarta - Awal Mei 2025 lalu, publik dikejutkan oleh insiden meledaknya sebuah mobil listrik…

3 jam yang lalu

Perusahaan Dilarang Tahan Ijazah, Puan Ingatkan Soal Pengawasan dan Sanksi Bagi Pelanggar

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik terbitnya Surat Edaran (SE) Menteri…

4 jam yang lalu