HANKAM

Pengamat: Hari Juang Polri Wujud Penanda Perjuangan Bersama Rakyat

MONITOR, Jakarta – Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo menetapkan 21 Agustus sebagai Hari Juang Polri. Mulai tahun 2024 ini, setiap tanggal tersebut akan diperingati oleh segenap insan Bhayangkara.

Pengamat intelijen dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kapolri. “Sejarah perjuangan bangsa harus selalu diingat oleh generasi penerus dalam rangka mengisi kemerdekaan. Hari Juang Polri ini adalah penanda penting bagi bangsa Indonesia bahwa setiap elemen bangsa mengambil peran untuk perjuangan kemerdekaan, diantaranya Polri,” kata pria yang akrab dipanggil Simon ini kepada media, Rabu (21/8/2024).

Merujuk pada sejarah Proklamasi Polisi pada 21 Agustus 1945, Polri mengajak seluruh insan Bhayangkara untuk mempertahankan kemerdekaan bersama-sama dengan rakyat. Kita ketahui pada awal kemerdekaan, Belanda masih tidak terima dengan Proklamasi Kemerdekaan oleh Soekarno-Hatta. Belanda terus berupaya untuk merebut wilayah Indonesia dengan Agresi Militer.

“Bangsa Indonesia, dari berbagai elemen tidak tinggal diam menghadapi Agresi Militer Belanda ini, Polisi pada 21 Agustus 1945 mendeklarasikan Proklamasi Polisi untuk membakar semangat juang insan bhayangkara di seluruh Indonesia,” kata Simon.

Bersama elemen bangsa yang lain, ulama, santri, dan petani, polisi bergabung bersama mereka. “Hasilnya, kita telah mempertahankan kemerdekaan hingga hari ini, 79 tahun sudah kita merdeka,” kata Simon.

Menurut Simon, penetapan Hari Juang Polisi ini di sisi lain semakin mempertegas peran Polri dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045. Polri adalah badan utama penjaga ketertiban, keamanan dan penegakan hukum nasional dimana ketiga hal tersebut merupakan fondasi utama dilaksanakannya program-program pemerintah di masa yang akan datang.

“Transformasi sosial, ekonomi dan tata kelola negara yang menjadi agenda utama Indonesia Emas 2045 tidak terlepas dari peran Polri di tengah masyarakat. Polri bertugas untuk memastikan bahwa kondisi masyarakat dalam keadaan tertib, aman dan berkepastian hukum,” kata Simon.

Bagaimanapun, perjuangan dalam mengisi kemerdekaan tak kalah hebatnya dengan mempertahankan kemerdekaan sebagaimana Proklamasi Polri dideklarasikan. “Maka untuk membakar patriotisme dan semangat juang para anggota Polri di seluruh Indonesia, Hari Juang Polri adalah momentum yang tepat untuk itu,” kata Simon.

“Kita berharap situasi yang saling mendukung antara berbagai komponen bangsa dapat menjadi modal utama untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” pungkas Simon.

Recent Posts

Kemenag Tegaskan Layanan Haji 2024 di Arab Saudi Sesuai Aturan

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan seluruh proses pengadaan layanan haji 1445 H/2024 M…

2 jam yang lalu

Laga Aceh vs Sulteng di PON XXI, Komisi X Minta Investigasi Khusus Motif Pemukulan Wasit

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyoroti adanya insiden wasit sepak bola…

7 jam yang lalu

Catatan Dari Rusia Prof Rokhmin: Jadi Pemimpin Jangan Seperti Fir’aun

MONITOR, Jakarta - Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-IPB University, yang juga  anggota Dewan…

10 jam yang lalu

Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah…

11 jam yang lalu

Tinjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C, Menteri PUPR: Selesai Juni 2025

MONITOR, Kaltim - Mengisi waktu libur dan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur, Menteri Pekerjaan…

14 jam yang lalu

Refleksi Maulid Nabi, Prof Rokhmin: Pemimpin akan Sukses jika Meneladani Kepemimpinan Rasulullah

MONITOR - Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University Prof Dr Ir Rokhmin…

14 jam yang lalu