BERITA

Ciptakan Pupuk Organik, Ketua Bidang Pertanian HIPMI Lumajang Sabet Juara 1 Nasional

MONITOR, Lumajang – Ketua Bidang Pertanian Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Lumajang, Asriafi Ath Thaariq menorehkan prestasi sangat gemilang di bidang pertanian dan lingkungan. Berapa tidak, Pemuda asli Lumajang ini menjadi otak dibalik Produk pupuk organik inovatif bernama Niki Pupuk Kompos (NPK).

Dengan kerja kerasnya itu, Thaariq menerima Piagam Lencana Satya Inovasi Desa sebagai Juara I Kategori unggulan dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXV 2024 yang diselenggarakan Kementerian Desa (Kemendes) Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (PDTT RI), Pada Senin(15/07) lalu.

Piagam tersebut Thaariq terima bersama Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni yang memperoleh penghargaan atas kontribusi dan kerja keras dalam membina pengembangan teknologi tepat guna inovasi desa.

Asriafi Ath Tha’ariq, menjelaskan bahwa produk tersebut merupakan hasil dari gabungan bahan alami dan limbah ternak yang telah diolah menjadi pupuk organik berkualitas tinggi.

“Pupuk ini terbuat dari limbah ternak, tembakau, dan sabut kelapa. Limbah yang tadinya mencemari tanah kini dapat diubah menjadi pupuk bernilai tinggi,” katanya.

Selain manfaatnya yang telah terbukti dalam meningkatkan produktivitas pertanian dengan biaya yang terjangkau, NPK juga memiliki dampak yang signifikan dalam pelestarian lingkungan. Dengan meningkatkan Kapasitas Tukar Kation (KTK) tanah, produk ini tidak hanya membantu tanaman tumbuh lebih sehat tetapi juga membantu mengurangi pencemaran dan kerusakan lingkungan. “Dengan penggunaan pupuk organik ini, kita juga berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup karena semua bahan yang digunakan adalah limbah,” tambah Asriafi.

Keberhasilan Asriafi Ath Tha’ariq dalam mengembangkan NPK tidak hanya mencerminkan potensi besar pemuda Lumajang, tetapi juga menjadi pemicu inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk terus berinovasi demi kemajuan bangsa dan lingkungan. “Dengan adanya solusi inovatif seperti NPK, harapan untuk mengurangi pencemaran dan kerusakan lingkungan semakin terwujud,” terangnya.

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, merasa bangga atas penghargaan yang berhasil diraih tentunya berkat kreativitas dan inovasi yang dilakukan langsung oleh Asriafi Ath Tha’ariq dalam menciptakan produk pupuk organik bernama Niki Pupuk Kompos (NPK).

“Jadi, prestasi ini menunjukkan betapa kreatif dan inovatifnya generasi muda Lumajang dalam mengembangkan teknologi tepat guna serta bermanfaat,” ungkapnya.

Gelaran GTTGN XXV menjadi ajang tahunan sebagai wadah untuk menampung kreativitas dan inovasi teknologi dari seluruh wilayah di Indonesia. Agenda tersebut juga menjadi sarana penting dalam membagikan informasi maupun promosi tentang inovasi teknologi tepat guna.

“Semoga prestasi yang didapat bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda lain untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan daerah lewat teknologi tepat guna,” kata Pj bupati dengan sapaan akrab Yuyun itu.

Pemkab Lumajang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) berkomitmen untuk terus mendukung dan membina inovasi-inovasi yang dapat dilahirkan pemuda daerah yang berbakat. “Jadi, jangan pernah takut untuk berinovasi dan jangan takut untuk gagal. Sebab, kegagalan menjadi bagian dari proses menuju keberhasilan,” pungkasnya.

Recent Posts

Nuon Telkom Dukung Pengembangan Ekosistem Gim Lokal di IGDX 2024

MONITOR, Jakarta - PT Nuon Digital Indonesia (Nuon) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia…

19 menit yang lalu

Dongkrak Pendapatan Negara, Prabowo diharap Realisasikan Pembentukan BPN

MONITOR, Jakarta - Presiden terpilih diharapkan merealisasikan rencana pembentukan Badan Penerimaan Negara (BPN). Pasalnya, pelembagaan…

2 jam yang lalu

Pengamat Ekonomi Nilai Kinerja Menteri BUMN Jokowi-Ma’ruf Buruk

MONITOR, Jakarta - Kritikus Media Sosial, Agustinus Edy Kristianto, menilai kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri…

3 jam yang lalu

Pengamat Ekonomi Ingatkan Pemerintahan Mendatang Sejahtetakan Rakyat

MONITOR, Jakarta - Pengamat Ekonomi, Yanuar Rizki, mengingatkan pemerintah untuk tidak terjebak dalam permainan kekuasaan,…

5 jam yang lalu

Wujudkan Birokrasi Berkualitas, Dirjen PPKTrans Kemendes PDTT Gaet Universitas Trilogi

MONITOR, Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKTrans) Kementerian Desa, Pembangunan…

5 jam yang lalu

DPR dan Pemerintahan Baru Harus Kerja Lebih Cepat Penuhi Ekspektasi Tinggi Masyarakat

MONITOR, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Parlemen Indonesia yang jatuh tiap tanggal 16 Oktober,…

11 jam yang lalu