Jumat, 19 Juli, 2024

Dito Ariotedjo Dampingi Presiden Lepas Kontingen Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris di Istana Merdeka

MONITOR, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade 2024 Paris di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7).

Dalam laporannya kepada Presiden Jokowi, Menpora Dito menyampaikan, jumlah atlet yang akan diberangkatkan sebanyak 29 atlet dan total keseluruhan kontingen Indonesia sebanyak 86 orang.

“Jumlah atlet yang mengikuti olimpiade ke-33 tahun 2024 sebanyak 29 atlet yang terdiri dari 16 atlet pria dan 13 atlet putri. Kemudian, didampingi oleh 20 pelatih, 9 ofisial dan 28 anggota headquarter yang dipimpin oleh CdM yang berisi tenaga pendukung medis, sport performance analisis dan juga media dengan jumlah total keseluruhan kontingen 86 orang,” kata Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora melaporkan bahwa dari 29 atlet masih terdapat 4 atlet yang masih mengikuti training camp di luar negeri sehingga saat ini kontingen Indonesia yang mengikuti upacara pelepasan sebanyak 25 atlet.

- Advertisement -

“Adapun kontingen Indonesia yang dikirimkan pada Olimpiade ke-33 sebanyak 12 cabang olahraga (bulutangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, atletik, renang, selancar ombak, senam, balap sepeda, dayung, judo),” urai Menpora Dito.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden RI yang telah berkenan menerima kami di tengah-tengah kesibukan untuk melepas kontingen Indonesia pada Olimpiade ke-33 Paris,” tambahnya.

Olimpiade Paris Tahun 2024 akan dihelat pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 yang diikuti sebanyak 182 negara dengan mempertandingkan 32 cabang olahraga.

Kontingen Indonesia telah memulai persiapan intensif pasca Olimpiade 2021 Tokyo melalui program pemusatan latihan nasional (Pelatnas) yang berkelanjutan dan tidak terputus. Hal ini sejalan dengan Perpres No.86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Lahirnya Perpres DBON tahun 2021 semakin menguatkan langkah Indonesia meraih target utama prestasi olahraga Indonesia di Olimpiade. Keikutsertaan Indonesia pada SEA Games dan Asian Games merupakan sasaran antara untuk mencapai sasaran tertinggi di olimpiadenya,” pungkas Menpora Dito.

Turut hadir dalam pelapasan ini, Menteri BUMN Erik Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono, Staf Khusus Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga Ardima Rama Putra, CdM Kontingen Indonesia Anindya Bakrie.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER