PEMERINTAHAN

Organisasi dan Tata Laksana, Sekjen: Ada Empat Kriteria Pelayanan Publik Kementerian Agama

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Ali Ramdhani meminta agar pelayanan publik Kementerian Agama terus dioptimalkan. Apresiasi pihak luar atas perbaikan tata kelola yang sudah berjalan baik tidak boleh membuat Kemenag berpuas diri dalam melayani publik.

Hal ini disampaikan Sekjen Kemenag dalam acara Rapat Koordinasi Fungsi Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Agama 2024 di Bali, Kamis (4/7/2024).

Menurut Sekjen, ada empat kriteria yang harus ada dalam melayani publik. Pertama, bersifat fisik. “Ini penting. Upaya revitalisasi bangunan di Kemenag salah satunya berkaitan dengan fisik. Kita harus membuat masyarakat yang kita layani merasa nyaman dalam ruang pelayanan. Tidak harus mewah, tapi harus rapih,” kata Sekjen.

Kedua, empati. Cara melayani publik juga harus agile atau lincah. Dengan senyuman, sikap sopan, dan kesabaran, masyarakat akan merasa senang dilayani oleh kita. “Gusmen melakukan rekonstruksi terhadap organisasi ini, yaitu membuat Kemenag ini menjadi organisasi yang agile atau lincah. Termasuk merancang seragam untuk meningkatkan pride kita sebagai pelayanan publik,” ungkap Sekjen.

Selanjutnya, Sekjen menjelaskan kriteria yang ketiga, yaitu responsif. Menurutnya, responsif tidak cukup hanya gerak cepat dalam merespons. Responsif artinya tidak hanya menunggu adanya masalah, tapi memitigasi masalah yang akan muncul. Tidak hanya reaktif, tapi harus proaktif dalam membaca dinamika persoalan yang ada di masyarakat. “Upaya Cepat dengan tetap menjaga kehati-hatian adalah ciri dari organisasi yang baik,” ujarnya.

Keempat, bertanggung jawab. Tidak cukup dengan bangunan yang bagus, melayani dengan senyum, dan bekerja dengan cepat, pelayanan kepada publik juga harus penuh pertanggungjawaban. Siapa orang yang melakukan apa dalam ruang dan waktu tertentu. Ini menjadi bagian penting dari penatakelolaan organisasi.

“SOP menjadi bagian penting. Termasuk membuat mekanisme reward dan punishment yang menjadi bagian penting dari SOP kita. Hanya dengan begitulah kita dapat bekerja dengan baik,” ungkap Sekjen.

Terkait dengan capaian kinerja, Sekjen berharap agar penilaian dari pihak luar Kemenag menjadi perhatian serius. Baik secara capaian bukan dalam ukuran sendiri, tapi juga harus baik menurut pihak lain untuk merekonstruksi dan memperbaiki diri.

“ZI, WBK, penilaian RB, nilai SAKIP, nilai IKPA, harus menjadi perhatian kita semua. Karena dengan cara itulah, kita bisa menjadi organisasi yang memiliki keunggulan dibanding pihak lain,” ungkap Sekjen.

Kemenag tengah menuju perbaikan luar biasa di setiap indikator, seperti SPBE, penilaian Reformasi Birokrasi, serta penilaian SAKIP. “Percaya lah, Kemenag akan menjadi organisasi yang bonafit. Organisasi ini akan menghantarkan kita yang bekerja di dalamnya menuju surganya Allah,” tandasnya.

Hadir Kepala Biro Ortala Nurudin beserta jajarannya, para Kabag TU dan Ketua Tim Kerja seluruh Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia.

Recent Posts

Seluruh Jemaah Terpisah Rombongan Sudah Diberangkatkan dari Madinah ke Makkah

MONITOR, Jakarta - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah menyelesaikan…

46 menit yang lalu

Indonesia Gabung BRICS, Menperin Nilai Akan Dampak Positif Bagi Industri Manufaktur

MONITOR, Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menilai dengan begabungnya Indonesia di dalam kelompok…

1 jam yang lalu

Ramai Soal Grup Facebook Fantasi Sedarah, Kemenag Tegas Larangan Mutlak!

MONITOR, Jakarta - Grup Facebook bernama Fantasi Sedarah memicu kehebohan di dunia maya setelah isi…

2 jam yang lalu

UMK Academy Pertamina Berdampak Nyata, Batik Lokal Apikmen Tembus Dubai dan Siydney

MONITOR, Jakarta - Perjalanan usaha bisa bermula dari tempat yang tak terduga. Seperti yang dialami pasangan…

3 jam yang lalu

Pabrik DAIKIN Resmi Beroperasi, Siap Produksi 1,5 Juta Unit AC per Tahun

MONITOR, Cikarang - DAIKIN secara resmi mengumumkan dimulainya produksi massal AC hunian di pabrik AC…

6 jam yang lalu

PPIH: Alhamdulillah, Fase Kedatangan Jemaah Haji Gelombang I Berakhir

MONITOR, Jakarta - Fase kedatangan jemaah haji gelombang I sudah berakhir. Tahap ini ditutup dengan…

8 jam yang lalu