HUMANIORA

Akademisi: Penyelenggaraan Haji 2024 Patut Diapresiasi

MONITOR, Mekah – Pelaksanaan Ibadah tahun 2024 dinilai sukses dan menuai apresiasi dari berbagai kalangan baik dari Jemaah maupun masyarakat di tanah air, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dinilai telah menunjukkan dedikasi dan komitmen luar biasa dalam memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah haji Indonesia.

Akademisi dari STAI Syekh Manshur Pandeglang Banten, Agus Hidayatullah menilai keberhasilan ini patut mendapatkan apresiasi tinggi, mengingat berbagai tantangan yang harus dihadapi dalam menyelenggarakan ibadah haji dengan jumlah jemaah yang begitu besar dimana saat ini Indonesia mendapatkan kuota sebanyak 241.000 jemaah.

“Kementerian Agama melalui PPIH 2024 telah berhasil memberikan berbagai layanan mulai dari pemondokan, transportasi, konsumsi, kesehatan, hingga layanan khusus bagi lansia dan penyandang disabilitas,” ujar Agus yang merasakan langsung layanan tersebut di Kota Mekah dalam keterangan tertulisnya kepada media, Sabtu (21/6/2024).

Agus menuturkan salah satu contoh nyata dari pelayanan ini adalah penyediaan bus solawat. Bus ini berperan penting dalam mengantar jemput jemaah dari pemondokan ke berbagai lokasi utama ibadah haji seperti Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

“Kemudahan transportasi ini sangat membantu jemaah dalam melaksanakan rangkaian ibadah dengan lebih nyaman dan aman. Kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini juga tercermin dari kelancaran proses puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina). Fase wukuf di Arafah, yang merupakan salah satu rukun haji, berlangsung dengan sangat baik,” tuturnya.

Agus menyebut pemondokan yang nyaman, layanan transportasi yang efisien, serta penyediaan konsumsi dan layanan kesehatan yang memadai membuat jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk.

“Layanan khusus untuk lansia dan penyandang disabilitas juga disiapkan sesuai dengan harapan jemaah, memastikan bahwa semua orang dapat menjalankan ibadah dengan optimal,” terangnya.

Selain itu, ujar Agus pada fase puncak haji tahun ini, risiko keselamatan jemaah haji Indonesia berhasil diminimalisir secara signifikan. Salah satu contohnya adalah fase track penjemputan pada nafar awal yang memprioritaskan jamaah lansia dan disabilitas.

“Langkah ini memastikan bahwa kelompok yang rentan mendapatkan perhatian khusus dan dapat menjalani ibadah dengan lebih aman,” jelasnya.

“Keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tidak terlepas dari kerja keras dan koordinasi yang baik antara seluruh anggota PPIH. Mereka telah bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa setiap aspek dari perjalanan haji berjalan lancar dan sesuai dengan harapan jemaah. Dedikasi ini sangat patut diapresiasi dan diharapkan dapat menjadi standar untuk penyelenggaraan haji di tahun-tahun mendatang,” tegasnya.

Agus menilai dengan pelayanan yang maksimal dan perhatian terhadap detail, PPIH 2024 telah menunjukkan bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan ibadah haji dengan sangat baik. “Semoga pencapaian ini dapat terus ditingkatkan di masa depan demi kenyamanan dan keselamatan seluruh jemaah haji Indonesia,” pungkasnya.

Recent Posts

DPR Minta Pemerintah Percepat Evakuasi WNI di Lebanon

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI Komisi I Junico BP Siahaan meminta Pemerintah mempercepat proses…

52 menit yang lalu

54 Akademisi Bakal Paparkan Inovasi Eco-Friendly Masjid di ISIM 2024

MONITOR - Sebanyak 54 akademisi, peneliti dan aktivis masjid dari berbagai negara akan memaparkan inovasi…

2 jam yang lalu

Kementerian Agama Susun KMA Sertifikasi Pembimbing Manasik

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama tengah menyusun Keputusan Menteri Agama (KMA) tentang Sertifikasi Pembimbing Manasik.…

7 jam yang lalu

Kolaborasi Pertamina NRE Group dan Genvia Kembangkan Teknologi Produksi Hidrogen Ramah Lingkungan

MONITOR, Jakarta - PT Pertamina Power Indonesia (“Pertamina NRE”), PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (“PGE”),…

8 jam yang lalu

Kompetisi Policy Brief Moderasi Beragama 2024 Berahir, Inilah Pemenangnya?

MONITOR, Jakarta - Kompetisi Penulisan Policy Brief Moderasi Beragama bagi ASN Jabatan Fungsional Tertentu Antar…

9 jam yang lalu

Telkomedika dan Band Padi Reborn Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan

MONITOR, Jakarta - Musisi grup band Legendaris Tanah air, PADI Reborn melakukan Medical Check Up (MCU) di Klinik Telkomedika…

12 jam yang lalu