HEADLINE

Puncak Haji, Muhaimin Iskandar Temukan Adanya Keterlambatan Bus Menuju Arafah

MONITOR, Jakarta – Ketua Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin), turun langsung mengecek kesiapan pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arafah. Pada Jumat pagi waktu setempat, Gus Muhaimin menemukan adanya keterlambatan bus yang akan mengangkut jemaah menuju Arafah.

Sebagaimana diketahui, puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) dimulai pada Sabtu, 9 Zulhijah 1445 Hijriah. Pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arafah dimulai pada Jumat (14/6/2024) pagi.

Dalam inspeksinya, Gus Muhaimin mengungkapkan adanya keterlambatan bus yang seharusnya mengangkut jemaah ke Arafah. “Saya menemukan fakta, janji ini mobil jam 7 (datang), ada yang jam 6. Tetapi sampai pagi ini belum datang,” ujar Gus Muhaimin usai melepas Jemaah Haji Indonesia ke Arofah.

Gus Muhaimin meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk segera melakukan pembenahan terhadap masalah transportasi. “Penanganan transportasi harus ditingkatkan dan diperkuat,” tegasnya.

Saat inspeksi, Gus Muhaimin juga sempat menyapa jemaah dan memastikan mereka dalam kondisi sehat. “Saya cek sehat semua, makanan puas, sekarang yang perlu diperkuat masalah transportasi, harus dibenahi,” tambahnya.

Lebih lanjut Gus Muhaimin menekankan pentingnya ketepatan waktu angkutan bus untuk memastikan jemaah tidak terlantar dan dapat melaksanakan wukuf di Arafah, yang merupakan puncak ibadah haji. “Hari ini adalah hari paling penting bagi jemaah haji Indonesia, karena jemaah mulai berangkat ke Arafah mulai pagi ini sampai nanti malam terus bergulir,” kata Wakil Ketua DPR RI.

Gus Muhaimin meminta pemerintah serius menyikapi permasalahan transportasi ini. “Karena itu, ini harus jadi perhatian kita semua. Oleh karena itu, kita harus siaga, waspada,” tambahnya.

Gus Muhaimin, didampingi oleh istrinya dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Marwan Dasopang, melakukan inspeksi ke tiga pemondokan di Misfalah, Arab Saudi, untuk memastikan kesiapan jemaah. Mereka bergerak dari penginapan di Makkah ke Misfalah mulai pukul 06.45 WIB.

Recent Posts

Kesigapan Damkar, Jasamarga dan Pertamina Padamkan Mobil Tangki di Tol

MONITOR, Ngawi - Tim Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Ngawi bersama dengan Pertamina berhasil memadamkan kobaran…

47 menit yang lalu

APBN 2025, Anggaran Makan Siang Gratis Sebesar Rp71 Triliun

MONITOR, Jakarta - Pembiayaan Program Makan Bergizi Gratis yang digadang oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto,…

4 jam yang lalu

Pimpinan Al-Azhar Mesir Temui Menag, Bahas Seleksi Calon Mahasiswa Indonesia

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas hari ini menerima kunjungan dari Wakil…

6 jam yang lalu

Proyek Perhutani Digital Forest, Pengelolaan Hutan yang Lebih Efisien

MONITOR, Jakarta - Komisi VI DPR RI mengapresiasi upaya transformasi teknologi digital dari Perum Perhutani…

7 jam yang lalu

Tidak Hanya Berprestasi Akademik, Madrasah Peduli Kepada Masyarakat Sekitar

MONITOR, Jakarta - Lembaga pendidikan berciri Islam, Madrasah, belakangan semakin bersinar dan berprestasi nyata, baik…

9 jam yang lalu

Kemenperin Gandeng Dua Perusahaan Jepang Bangun SDM Industri Kompeten

MONITOR, Jakarta - Indonesia dan Jepang aktif menjalin kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia…

10 jam yang lalu