Senin, 17 Juni, 2024

Kementerian PUPR Tindaklanjuti Potensi Kerja Sama Pembangunan Smart City IKN dengan Finlandia

MONITOR, Bali – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri pertemuan bilateral dengan Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (22/5). Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Perekonomian Finlandia Wille Rydman pada Januari 2024 silam.

Pertemuan ini merupakan diskusi lanjutan yang membahas potensi kerja sama dengan Finlandia terkait pembangunan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN), terutama pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan demi mewujudkan visi IKN sebagai smart forest city. Salah satu teknologi yang akan diimplementasikan adalah smart intelligent sign untuk jalan tol Balikpapan-IKN.

“Kita akan melakukan pilot project untuk sistem jalan tol ini di Tol Balikpapan-IKN. Kalau setelah itu hasilnya bagus kita bisa tingkatkan implementasinya,” kata Menteri Basuki.

Ditambahkan Menteri Basuki, Kementerian PUPR telah merencanakan mengimplementasikan smart system di IKN. Kementerian PUPR juga mempertimbangkan advis smart building system dari Finlandia.

- Advertisement -

“Terima kasih atas dukungan Finlandia terhadap pembangunan smart city IKN. IKN didesain untuk masa depan, untuk itu kita akan menggunakan smart system. Kami butuh advis dari Finlandia karena memiliki teknologi yang tinggi. Jika Finlandia bisa, saya yakin Indonesia juga bisa,” ucap Menteri Basuki.

Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio mengatakan senang menjadi bagian dari pembangunan IKN. “Saya harap melalui pertemuan ini kita bisa mempererat kolaborasi di masa depan,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Rachman Arief Dienaputra dan Kepala Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER