BERITA

Gus Addin Jauharudin Luncurkan Ansor Go Green di Pantai Bangsring Banyuwangi

MONITOR, Banyuwangi – Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Addin Jauharudin meluncurkan Ansor Go Green di Pantai Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur. Peluncuran ini merupakan puncak dari seluruh kegiatan Go Green yang dilakukan seluruh pengurus Cabang GP Ansor di seluruh Indonesia.

Gus Addin, sapaan akrab Addin Jauharudin, mengaku acara puncak ini sengaja digelar di Banyuwangi, sebab Banyuwangi memiliki banyak nilai sejarah, tidak hanya bagi Indonesia tapi juga GP Ansor.

“Banyuwangi ini tanah keramat. Tepat di titik ini (Banyuwangi) GP Ansor didirikan pada tahun 1934 (Muktamar NU ke-9 pada 21-26 April 1934). Tidak jauh makam muassis (pendiri) NU KH As’ad Syamsul Arifin. Dan tempat ini adalah berdirinya Kerajaan Blambangan pada abad ke 16, setelah Majapahit,” kata Gus Addin di acara yang dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Negara Abdullah Azwar Anas, mantan Bupati Banyuwangi selama dua periode, Sabtu 4 Mei 2024.

Gus Addin mengatakan peluncuran Ansor Go Green merupakan rangkaian kegiatan dari Harlah GP Ansor ke-90. Dimana menjadi titik balik perubahan wajah GP Ansor.

“Pak Menteri, ke depan akan banyak perubahan pada wajah Ansor. Ansor yang dilahirkan anak-anak muda Indonesia, harus menyerap setiap aktivitas produktif dan inovatif dari anak-anak muda, sehingga menjadi kegiatan bersama anak muda Indonesia,” katanya.

Selain Ansor Go Green, yang mendorong anak muda mencintai lingkungannya, GP Ansor, baru-baru ini sudah melakukan Gowes 90 kilometer dari kantor GP Ansor di Jalan Kramat Raya ke Ponpes Albaqiyatussholihat sekaligus makam Mama Cibogo, salah satu santri Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari.

“Ke depan akan banyak lagi kegiatan-kegiatan inovatif dari anak-anak muda di GP Ansor,” seloroh Gus Addin.

Gus Addin juga sempat mengingatkan kadernya, bahwa Abdullah Azwar Anas ini adalah Dewan Penasihat PP GP Ansor 2024-2029. “Jangan lupa, beliau ini adalah penasihat kita semua. Makanya, beliau menjadi Menpanrb, menteri pemberdayaan Ansor dan Banser,” kelakar Gus Addin yang disambut tawa semua hadirin.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Addin juga menyinggung terkait pariwisata Indonesia yang terus tumbuh, dimana salah satu ikonnya adalah Banyuwangi.

Menurut Gus Addin, pariwisata menjadi tumpuan dari tumbuhnya berbagai sektor seperti pendidikan, transportasi, industri bahkan rumah sakit. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kenyamanan para wisatawan yang berkunjung.

“Maka kemudian yang paling penting adalah menjaga para turis, orang yang berkunjung. Itu dipastikan mereka merasa nyaman, aman dan bahagia,” imbuhnya.

Pria kelahiran Cirebon itu lalu menambahkan betapa pentingnya kader Ansor mengambil peran memanfaatkan peluang besar pariwisata di seluruh Indonesia dengan mengembangkan kompentensi sebagai pemandu pariwisata yang tersertifikasi BNSP sebagai bagian khidmah ideologi bagi organisasi.

“Inilah bagian dari khidmah, bagian ideologis, hablul minal alam,” pungkasnya.

Dalam rangkaian Ansor Go Green, GP Ansor juga melakukan pendakian ke Kawan Ijen, mengibarkan bendera merah putih dan GP Ansor di lokasi tersebut.

Sekedar diketahui sebelum peluncuran Ansor Go Green, digelar kegiatan ziarah ke Makam KHR As’ad Samsul Arifin sekaligus silaturahim kepada KHR Azaim Ibrahimy Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafiiyah, dilanjutkan dengan gelaran napak tilas menuju Lubang Buaya Cemetuk dan tempat GP Ansor didirikan yaitu Pesantren Lateng asuhan Kiai Saleh Lateng Banyuwangi.

Di berbagai daerah, Pengurus Wilayah, Cabang, dan Anak Cabang GP Ansor di seluruh Indonesia sudah melakukan kegiatan Go Green di wilayah masing-masing. Di antaranya, penanaman 1.000 Mangrove di pesisir Teluk Kendari yang dilakukan GP Ansor Wilayah Sulawesi Tenggara, GP Ansor Jember melakukan bersih-bersih Masjid, lingkungan, kantor NU, hingga Pantai Canga’an, begitu juga dengan wilayah, cabang, dan anak cabang lainnya di seluruh Indonesia, seperti yang dilakukan oleh PC GP Ansor Kabupaten Brebes bersih-bersih pantai.

Recent Posts

PPIH Arab Saudi Daker Makkah Siap Sambut Kedatangan Jemaah dari Madinah

MONITOR, Jakarta - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Makkah siap…

16 detik yang lalu

Penilaian Lahan UIII Kembali Digelar, Kali ini Menyasar 236 Bidang

MONITOR, Depok - Tim Terpadu Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan (PDSK) Penyediaan Tanah untuk Pembangunan Universitas…

2 jam yang lalu

Saat Ibu Negara Beli Batik dan Gelang di UMKM Mitra Binaan Pertamina

MONITOR, Jakarta – Dukungan Ibu Iriana Joko Widodo terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ditunjukkan saat…

4 jam yang lalu

Fatwa Ulama Saudi Wajibkan Adanya Izin Haji bagi Siapa pun yang Akan Berhaji

MONITOR, Jakarta - Pemerintah kembali menegaskan bahwa hanya visa haji yang dapat digunakan untuk melaksanakan…

5 jam yang lalu

Sebuah Serangan Udara Jatuh dekat Guest House MER-C di Gaza

MONITOR, Jakarta - Sebuah serangan udara menyasar sebuah bangunan rumah dekat guest house MER-C di…

7 jam yang lalu

Pertamina Merilis Competency Development Program

MONITOR, Jakarta – Pertamina merilis program barunya bernama Competency Development Program, dalam rangka meningkatkan kapabilitas perwira…

9 jam yang lalu