Selasa, 30 April, 2024

H2 Hari Raya Idul Fitri 2024 Lalu Lintas Meningkat, Jalan Tol Gempol-Pandaan Percepat Akses Menuju Kawasan Wisata

MONITOR, Pandaan – PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Gempol-Pandaan mencatat peningkatan volume lalu lintas kendaraan pada H2 Hari Raya Idul Fitri 2024. Keberadaan Jalan Tol Gempol-Pandaan memiliki akses yang dapat diandalkan sebagai penghubung dan mempercepat perjalanan ke destinasi wisata di sekitar Kota Surabaya, Pasuruan dan Malang.

Terhitung data volume lalu lintas pada H2 Hari Raya Idul Fitri 2024, sebanyak 25.829 kendaraan melewati Ruas Jalan Tol Gempol Pandaan atau naik sebesar 70,09% terhadap volume lalu lintas normal sebanyak 14.668 kendaraan. Angka ini merupakan gambaran volume lalu lintas kendaraan tertinggi yang tercatat sejak H-7 hingga H2 Idul Fitri 2024.

Direktur Utama PT JPT Netty Renova menjelaskan manfaat dari adanya Jalan Tol Gempol-Pandaan sebagai penghubung Kawasan Pariwisata di Pandaan. “Kehadiran Jalan Tol Gempol-Pandaan yang menghubungkan Kawasan Pariwisata di Pandaan, diharapkan dapat membantu kelancaran dan mempersingkat waktu tempuh dalam bepergian menuju tempat pariwisata,” ungkap Netty.

Sebagai simulasi dalam mempersingkat waktu tempuh, Netty mengatakan, “Perjalanan dari Gempol ke Pandaan apabila melalui jalan tol membutuhkan waktu kurang lebih 13 menit jika dibandingkan melalui non jalan tol yaitu selama kurang lebih 34 menit atau dapat menghemat waktu sekitar 55-65%. Tentunya diharapkan efisiensi waktu ini dapat dirasakan oleh semua pihak,” ujar Netty.

- Advertisement -

Jalan Tol Gempol-Pandaan yang membentang sepanjang 13,61 Km dari daerah Gempol hingga Pandaan memiliki 3 akses gerbang tol pelayanan transaksi yaitu Gerbang Tol (GT) Gempol 2, GT Gempol 3 dan GT Pandaan. Ketiga gerbang tol tersebut menjadi pintu strategis penghubung wilayah pariwisata di Jawa Timur. Jalan tol ini terhubung dengan Ruas Jalan Tol Surabaya Gempol, Gempol Pasuruan dan Pandaan Malang.

Jalan Tol Gempol-Pandaan merupakan jalan tol yang ramah terhadap lingkungan terbukti dari perolehan sertifikat Green Tollroad Indonesia Level Gold pada tanggal 11 Februari 2023 yang diselenggarakan oleh Green Infrastructure and Facilities Indonesia, Sub Divisi dari Green Product Council Indonesia (GPCI). Jalan tol ini dinilai mempunyai akses, kelayakan dan pelayanan, efisiensi energi dan air, lingkungan, material, konstruksi serta kerjasama kewilayahan yang baik.

Netty menjelaskan lebih lanjut kesiapan JPT dalam menghadapi arus mudik dan balik Idul Fitri tahun ini. “Ada 3 jenis layanan yang kami tingkatkan, yaitu layanan transaksi, layanan lalu lintas dan layanan pemeliharaan, ” imbuhnya.

Peningkatan pada layanan transaksi di Ruas Jalan Tol Gempol-Pandaan yaitu dengan menambahkan titik transaksi berupa pengoperasian 7 mobile reader guna mengurangi kepadatan antrian di gerbang tol dan penambahan petugas customer service dengan total 8 personil tambahan untuk membantu kelancaran transaksi di gerbang tol.

Peningkatan pada layanan lalu lintas di Ruas Tol Gempol-Pandaan yaitu dengan menyiapkan seluruh armada dan petugas layanan lalu lintas 24 jam dan juga menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas yang berkoordinasi dengan pihak Polsek Pandaan, Polres Pasuruan dan PJR Polda Jatim II. Selain itu, untuk memitigasi kepadatan di arteri dilakukan penambahan kamera atau Traffic Counting di Traffic Light Taman Dayu.

Peningkatan pada layanan pemeliharaan di Ruas Tol Gempol Pandaan yaitu dengan menyiapkan tim siaga longsor, tim siaga genangan, pompa portable, dan excavator.

PT JPT berkomitmen selalu menjaga kondisi Jalan Tol Gempol-Pandaan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal jalan tol.

Dengan adanya Jalan Tol Gempol-Pandaan di Jawa Timur sebagai bagian sistem jaringan jalan dan transportasi nasional yang sekaligus memiliki peranan penting di jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

Jalan tol ini mendukung pengembangan wilayah dan meningkatkan pemerataan hasil pembangunan, memperlancar kegiatan industri, pariwisata dan logistik antar daerah antar wilayah, serta mempercepat mobilisasi orang, barang dan jasa dengan memangkas waktu tempuh perjalanan.

PT Jasamarga Pandaan Tol mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Jika lelah berkendara, istirahat di tempat yang telah disediakan. Tetap berhati-hati dan menaati peraturan yang berlaku di jalan tol.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.2 untuk pengguna iOS dan Android.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER