Senin, 29 April, 2024

Imlek 2575 Kongzili, Pusbimdik Khonghucu Gelar Sunatan Masal Gratis

MONITOR, Jakarta – Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu pada Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sejumlah acara untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili. Salah satu acaranya adalah menggelar sunatan masal.

“Ada sejumlah acara yang kita gelar menyambut Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili. Akhir pekan ini, kita akan menggelar sunatan masal di gedung Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat,” terang Kepala Pusbimdik Khonghucu Susari di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

“Sunatan masal diikuti puluhan anak yatim dan kurang mampu, gratis. Kita juga siapkan bingkisan untuk mereka bawa pulang setelah acara,” sambungnya.

Menurut Susari, pihaknya menggandeng Ditjen Bimas Islam untuk merekrut puluhan peserta sunatan masal. Untuk pelaksanaannya, Pusbimdik bekerja sama dengan para dokter dan tenaga kesehatan yang bertugas di Klinik Pratama Kementerian Agama.

- Advertisement -

“Ini bagian dari kepedulian sosial umat Khonghucu dalam menyambut tahun baru Imlek 2575 Kongzili,” sebut Susari.

Baca juga: Tahun Baru Imlek, Menag Doakan Kemajuan Bangsa, Pemilu Lancar, dan Ajak Hormati Perbedaan

Selain Sunatan Masal, lanjut Susari, sejumlah rangkaian acara telah digelar untuk memeriahkan Imlek tahun ini. Rangkaian itu sudah berlangsung sejak 1 Februari 2024, diawali dengan pemasangan reklame tahun baru Imlek di sejumlah lokasi, pusat dan daerah.

“Umat Khonghucu bersama Pusbimdik juga menggelar Bakti Sosial Hari Persaudaraan Manusia pada 3 Februari di Curug Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Dua hari berikutnya, ada pembagian Kue Keranjang di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta,” sebutnya.

Pusbimdik juga mengadakan lomba Karya Jurnalistik Jawa Tengah. Pendaftaran dibuka dari 6 – 10 Februari 2024. Pusbimdik telah menyiapkan hadiah mencapai Rp50 juta untuk dua kategori: media cetak dan online, serta media televisi, radio dan foto.

“Pusbimdik bersama umat Khonghucu juga telah menggelar Sembahyang Syukur Pergantian Tahun Kongzili pada 9 Februari 2024 di Litang MAKIN Segar Cilodong. Hari ini, digelar kemeriahan aambut Imlek di Kelenteng Kong Miao TMII,” papar Susari.

Puncak Perayaan Nasional Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili digelar 12 Februari 2024, di Balai Samudera, Jakarta Utara. Pemimpin dan tokoh nasional dijadwalkan hadir, termasuk Gus Men Yaqut Cholil Qoumas,” tandasnya.

Perayaan Imlek 2575 Kongzili mengangkat tema, “Malu ketika tidak mengenal rasa malu, membuat orang tidak menanggung malu”. Tema ini bermaksud mengingatkan umat akan pentingnya memiliki rasa malu. Malu berkata tidak jujur, malu melihat hal yang tidak pantas, malu mendengar hal yang tidak baik, malu mengambil sesuatu yang bukan miliknya dan malu untuk berbuat sesuatu yang tidak benar.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER