Minggu, 3 Maret, 2024

Guru Besar UIN Jakarta Nilai Pers Pilar Penting Negara Hukum Demokratis

MONITOR, Jakarta – Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 menjadi momentum penting bagi pers untuk menjadi pilar penting tegaknya negara hukum demokratis.  

Guru Besar UIN Jakarta, Ahmad Tholabi Kharlie, menilai peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 menjadi momentum bagi pers untuk menjadi pilar penting tegaknya negara hukum demokratis di Indonesia. “Pers yang kredibel, independen, dan bebas menjadi syarat mutlak tegaknya negara hukum demokratis, ” ujar Tholabi di Jakarta, Jumat (9/2/2024). 

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta ini, pers sejauh ini telah berperan penting dalam melakukan pendidikan politik kewargaan dalam berbagai isu seperti politik kenegaraan seperti pemilu, hukum, dan isu publik lainnya. “Pers hadir sebagai sumber informasi yang kredibel dan mencerahkan publik. Poin ini yang patut kita rayakan bersama,” tegas Tholabi. 

Di kesempatan lain saat menjadi Khotib Jumat di Masjid Agung Al-Mujahidin, Tangerang Selatan, Tholabi menyerukan agar pelaksanaan pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, jujur, adil,  dan damai. “Semoga dalam Pemilu 2024, Rabu mendatang dapat berjalan dengan damai. Kita rayakan perbedaan dengan suka cita seraya menjaga bersama agar pemilu berjalan lancar dan damai, ” seru Tholabi.

- Advertisement -

Lebih lanjut, Tholabi mengingatkan agar seluruh warga negara menjalani hajatan demokrasi yang digelar tahun ini dengan bijak dan cerdas. “Ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, serta kepentingan bangsa dan negara harus diletakkan di atas kepentingan sesaat dan pragmatis,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER