Jumat, 3 Mei, 2024

Pengelola Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Kelancaran Arus Kendaraan di Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran

MONITOR, Tangerang – PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran (CBK) berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga kelancaran arus kendaraan di ruas jalan tol tersebut. Terlebih hal ini juga semakin ditingkatkan pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 23/24) lalu karena sejak 22 Desember 2023 jaringan Jalan Tol JORR 2 telah tersambung penuh mulai dari Cengkareng hingga Jatikarya dengan dioperasikannya Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Junction Krukut-Limo

Direktur Utama PT JKC Rini Irawaty menjelaskan saat ini pengguna jalan dari wilayah Bekasi, Bogor, Depok dan sekitarnya mempunyai jalur alternatif baru menuju Serpong, Tangerang hingga Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, dengan melewati JORR 2. Dengan terintegrasi penuh, Jalan Tol JORR 2 dapat memangkas waktu perjalanan pengguna jalan dengan lebih cepat lagi.

“Pada periode awal pelayanan operasional Nataru, PT JKC mencatat adanya peningkatan volume lalu lintas dengan puncak terjadi pada H-3 Natal, atau pada 22 Desember 2023, sebesar 76.973 kendaraan. Jumlah ini meningkat 9,55% dibandingkan lalu lintas normal tahun 2023 (70.263 kendaraan) dan meningkat 17,15% dari puncak lalin Nataru tahun lalu (65.705 kendaraan),” ujar Rini.

Rini juga menjelaskan secara umum PT JKC juga mencatat tren peningkatan lalu lintas melalui Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) Ruas Jalan Tol CBK. Di tahun 2023, LHR Ruas Jalan Tol CBK mencapai 59.604 kendaraan, meningkat sebesar 20,9% dibandingkan LHR tahun 2022 (49.309 kendaraan).

- Advertisement -

“Dengan JORR 2 yang kini telah terintegrasi penuh dari Cengkareng hingga Jatikarya, kami optimis LHR untuk Ruas Jalan Tol CBK juga masih akan terus meningkat ke depannya,” tambah Rini.

PT JKC berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di Ruas Jalan Tol CBK untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang meliputi empat bidang layanan yaitu layanan konstruksi, layanan transaksi, layanan lalu lintas dan layanan tempat istirahat.

Di bidang layanan konstruksi, PT JKC telah melakukan peningkatan kualitas jalan tol diantaranya perbaikan dan pengecatan Guardrail, pengecatan ulang marka jalan, pembersihan dan pengecatan Median Concrete Barrier (MCB) serta pengecatan struktur dan Overpass. Pemenuhan SPM konsisten dilakukan dengan perbaikan jalan melalui Rekonstruksi Rigid, Patching serta pelaksanaan monitoring rutin.
Selain itu, hingga Desember 2023, JKC telah melakukan perawatan drainase, pemotongan rumput dan pemeliharaan sarana pelengkap jalan berupa Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalan tol.

Guna menunjang kelancaran pelayanan transaksi di gerbang tol, JKC menyediakan tambahan Mobile Reader (MR) serta memastikan kelancaran lalu lintas di lajur dengan menyiagakan kendaraan operasional berupa Mobile Customer Service (MCS), Patroli Jalan Raya (PJR), kendaraan rescue, derek dan ambulans. Program peningkatan kualitas jalan tol diharapkan dapat menjaga kelancaran, keamanan dan kenyamanan lalu lintas bagi pengguna jalan tol.

Sebagai bagian dari Jalan Tol JORR 2, PT JKC selaku pengelola Ruas Jalan Tol CBK senantiasa menjaga peningkatan pelayanan jalan tol untuk menjalankan peran dalam mempercepat pengembangan wilayah Kota Tangerang dan mendukung percepatan distribusi barang dan jasa.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER