Selasa, 30 April, 2024

Jasa Marga Raih Penghargaan Best Profitability Kategori Infrastructure Industry dalam Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2023

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih penghargaan Best Profitability dalam kategori Infrastructure Industry dalam ajang Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia di Jakarta, pada Kamis (30/11).

Penghargaan tersebut diterima oleh Accounting and Tax Group Head Jasa Marga Ricky Ricardo Sarael bersama Direktur Utama PT Jasamarga Kunciran Cengkareng Rini Irawaty yang mewakili manajemen Jasa Marga. Hadir dalam malam penganugerahan penghargaan dimaksud yaitu Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Kementerian BUMN Robertus Billitea, Komisaris Bisnis Indonesia Group Dorothea Samola, Presiden Direktur Bisnis Indonesia Group Lulu Terianto serta jajaran Direksi Bisnis Indonesia Group.

Accounting and Tax Group Head Jasa Marga Ricky Ricardo Sarael mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja positif yang berhasil dibukukan oleh Perseroan di tahun 2023, sehingga kondisi keuangan Jasa Marga bisa tetap sustain dan mencatatkan laba yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Peningkatan kinerja positif ini didukung karena adanya peningkatan mobilisasi masyarakat yang menjadi katalis positif atas kenaikan volume lalu lintas serta kemampuan manajemen Perseroan untuk menjaga efisiensi dan efektivitas dalam pengeolaan ruas jalan tol. Untuk itu Jasa Marga terus berupaya meningkatkan kinerja Perseroan, baik pada aspek finansial maupun non-finansial agar Perseroan dapat tumbuh secara berkesinambungan dalam jangka panjang,” ucap Ricky.

- Advertisement -

TOP BUMN Awards 2023 kali ini mengusung tema “Competitiveness, Innovation, and Prosperity” yang merupakan ajang penghargaan untuk BUMN yang berhasil meraih pencapaian positif selama tahun 2023. Sejumlah dewan juri terlibat di TOP BUMN Awards 2023 ini di antaranya adalah Profesor Bidang Keuangan & Investasi, IPMI International Business School Roy Sembel, Ekonom dan Peneliti Senior INDEF Aviliani, dan Direktur Pemberitaan/Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Yuliana Benyamin.

Komisaris Bisnis Indonesia Group, Dorothea Samola dalam sambutannya mengatakan, BUMN semakin kokoh sebagai pilar utama pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. BUMN pun berhasil menciptakan lapangan kerja yang luas, meningkatkan produktivitas serta memberikan kontribusi signifikan kas negara.

“Dengan berani mengambil risiko dan inovasi sebagai kuncinya, BUMN dapat menjadi agen perubahan yang mampu mengatasi tantangan ekonomi seperti berkontribusi pada penerimaan negara, menaikkan daya beli masyarakat, hingga menggerakan pembangunan infrastruktur tanah air. BUMN pun berperan signifikan dalam melaksanakan TJSL dengan penuh dedikasi. Tentunya BUMN sudah membuktikan dampak positifnya terhadap kehidupan masyarakat secara luas. Prestasi ini merupakan kebanggan bagi kita semua,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri TOP BUMN Award 2023 Wimboh Santoso menjelaskan, BUMN memiliki peran sebagai motor penggerak yang ideal, terutama bisnis jangka pendek. Ia melanjutkan, BUMN bisa menstimulasi layanan kepada masyarakat yang secara komersial tidak bisa dilayani oleh perusahaan lainnya.

“BUMN ini menjadi kepanjangan tangan dari pemerintah yang memberikan service kepada masyarakat. Inilah langkah strategis pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat. Untuk itu saya juga ingin mengingatkan bahwa tantangan ekonomi global masih perlu dihadapi. Perusahaan pun perlu berkompetisi dalam perkembangan bisnis yang mengadaptasi teknologi digital. Setiap Perusahaan juga perlu memperbaiki aspek tata kelola agar Sumber Daya Manusia (SDM) bisa berkembang dibarengi dengan transformasi digital,” lanjutnya.

Hingga Kuartal III Tahun 2023, Jasa Marga berhasil mempertahankan kinerja positif yang sejalan dengan peningkatan volume lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group. Peningkatan kinerja positif Perseroan tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha sebesar Rp11 Triliun atau tumbuh 7,7% yang merupakan kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol sebesar Rp9,8 Triliun yang meningkat 5,1% dari Kuartal III Tahun 2022, serta kontribusi kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp1,2 Triliun atau naik 34,8% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Realisasi EBITDA Perseroan juga meningkat, yaitu mencapai Rp6,8 Triliun, meningkat 5,7% dari Kuartal III Tahun 2022 dengan realisasi EBITDA Margin mencapai level 62,1%.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER