Minggu, 3 Maret, 2024

Jasa Marga Raih Penghargaan Predikat Management B di Ajang ESG Disclosure Transparency Awards 2023

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih penghargaan Predikat Management B dalam ajang ESG Disclosure Transparency Awards 2023, yang diselenggarakan oleh media Investortrust.id yang bekerja sama dengan Bumi Global Karbon Foundation di Jakarta (29/11).

Jasa Marga meraih Predikat Management B melalui penilaian yang dilakukan Bumi Global Karbon (BGK) Foundation melalui metodologi 33 faktor Environmental, Social & Governance (ESG), berdasarkan faktor ESG pasar modal terkemuka, studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses assurance oleh pihak ketiga independen. Evaluasi terhadap pengungkapan (keterbukaan) ESG tersebut tentu perlu dilakukan untuk mengukur sejauh mana transparansi ESG telah dicapai oleh perusahaan.

Penghargaan ini diterima oleh Engineering Planning Group Head Jasa Marga George I.M.P Manurung yang mewakili Manajemen Jasa Marga. Malam penganugerahan ESG Disclosure Transparency Awards 2023 juga dihadiri oleh Pemimpin Redaksi Investortrust.id Primus Dorimulu dan Founder Bumi Global Karbon Foundation Deni Daruri.

Dalam sambutannya, Engineering Planning Group Head Jasa Marga George I.M.P Manurung mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Jasa Marga atas komitmen Perusahaan dalam menjalankan proses bisnis yang mengimplementasikan prinsip-prinsip ESG. Ia berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi Jasa Marga untuk terus meningkatkan kinerja Perusahaan yang berdasarkan pada asas keberlanjutan serta menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang baik.

- Advertisement -

“Melalui penghargaan ini, membuktikan bahwa Jasa Marga terus konsisten menerapkan ESG dengan memperhatikan kondisi sosial serta lingkungan di seluruh lini bisnis Jasa Marga Group. Dengan penerapan ESG tentu dapat meningkatkan kualitas manajemen melalui transparansi hingga menjaga serta meningkatkan keberlanjutan bisnis jangka panjang,” ujar George.

Dalam kesempatan tersebut, Pemimpin Redaksi Investortrust.id Primus Dorimulu mengungkapkan ESG telah menjadi isu yang erat kaitannya dengan perusahaan, maka perusahaan perlu menjadi pelopor penerapan ESG.

“ESG merupakan isu yang sangat penting. Saya mengapresiasi para peraih penghargaan dari setiap perusahaan yang sudah mendorong penerapan ESG sehingga dapat menjadi agent of change maupun pelopor dalam menjalankan bisnis berkelanjutan. Mari kita sama-sama menyelamatkan bumi sekaligus meningkatkan kesejahteraan,” ungkap Primus.

Senada dengan Primus, Founder Bumi Global Karbon Foundation Deni Daruri menjelaskan komponen penilaian dalam ajang ini sebanyak 33 faktor utama ESG didasarkan pada studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan. Perhitungan Skor Pengungkapan ( Disclosure) ESG dilakukan melalui Analisa Laporan Keberlanjutan ( Sustainability Report) untuk menentukan tingkat transparansi ESG yang menggunakan faktor-faktor ESG yang dinilai relevan.

“Penghargaan ini tentu bukan merupakan prestasi semata, melainkan juga pengakuan untuk Perusahaan yang berdedikasi menjalankan ESG. Hasil dalam penilaian ini juga dapat memberikan masukan untuk perbaikan ke depannya dalam Laporan Keberlanjutan. Semoga keberhasilan ini bisa menjadi percontohan bagi banyak perusahaan lainnya,” imbuhnya.

Selain itu, Perusahaan menerapkan upaya dekarbonisasi dengan pemanfaatan energi baru terbarukan seperti penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kantor Pusat Jasa Marga, serta bersama kelompok usahanya mendukung program percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai dengan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 15 titik di rest area dan juga menggunakan kendaraan listrik, serta berkolaborasi dengan PT Bukit Asam Tbk untuk mengembangkan potensi PLTS di sejumlah jalan tol Jasa Marga Group.

Jasa Marga pun konsisten dalam mewujudkan pengusahaan jalan tol yang andal, aman dan nyaman, berwawasan lingkungan serta berkelanjutan melalui sertifikasi Green Toll Road Indonesia yang diinisiasi oleh Perusahaan, yakni penilaian jalan tol berdasarkan konsep yang mengintegrasikan fungsi transportasi dan keberlanjutan ekologis berdasarkan pendekatan pembangunan berkelanjutan. Hingga tahun 2023, Jasa Marga berhasil meraih predikat gold Green Toll Road Indonesia untuk tiga jalan tol yang dikelolanya yaitu Jalan Tol Gempol-Pandaan, Jalan Tol Pandaan-Malang dan Jalan Tol Bali Mandara.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER