Sabtu, 27 April, 2024

Dongkrak Mutu Layanan PT Jasamarga Transjawa Tol Gelar Temu Pelanggan

MONITOR, Semarang – Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan mendengar aspirasi dari pelanggan, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) bersama Anak Perusahaan Jalan Tol di Wilayah Jawa Tengah menggelar kegiatan Temu Pelanggan pada Selasa, 28 November 2023.

Acara temu pelanggan ini, mengusung tema “Sinergi Bersama Pelanggan, Wujudkan Ketertiban dan Keselamatan Berlalu Lintas di Jalan Tol Trans Jawa”. Kegiatan yang melibatkan kurang lebih 150 peserta terdiri dari berbagai kalangan komunitas mobil, agen perjalanan, para pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah, perwakilan media, pengusaha dan instansi pemerintah di Wilayah Kota Semarang, Solo dan sekitarnya. Dengan mempertimbangkan cakupan wilayah yang cukup luas, kegiatan temu pelanggan diselenggarakan secara hybrid, yaitu secara luring di Ramashinta Ballroom Hotel Patra Semarang dan daring melalui video conference Zoom agar dapat menjangkau seluruh stakeholder yang tersebar di Wilayah Jawa Tengah.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi bersama PT Jasamarga Transjawa Tol Representative Office 2 Ruas Semarang Seksi A,B,C, PT Jasamarga Semarang Batang, PT Trans Marga Jateng, dan PT Jasamarga Solo Ngawi. Hadir sebagai narasumber dalam acara Temu Pelanggan ini yaitu Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Agus Suryo Nugroho, Kepala Bidang Sistem Informasi Layanan Jalan Tol Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ali Rachmadi, Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Erry Derima Ryanto, Pengamat Transportasi Miming Miharja, Influencer dan Youtuber Ridwan Hanif dan Direktur Bisnis PT Jasamarga Transjawa Tol.

Pratomo Bimawan Putra selaku Direktur Bisnis PT Jasamarga Transjawa Tol dalam sambutannya menyampaikan tujuan diselenggarakannya acara temu pelanggan ini. “ Acara Temu Pelanggan ini diselenggarakan dengan maksud untuk meningkatkan engagement dan komitmen kami kepada para pengguna jalan tol Trans Jawa, khususnya di Wilayah Jawa Tengah melalui suatu Forum Talk Show yang dilaksanakan secara hybrid sehingga Pengelola Jalan Tol dapat meningkatkan hubungan yang erat dengan Pengguna Jalan Tol. Bima menambahkan, “Acara ini juga sebagai sarana pengelola jalan tol untuk menyampaikan informasi yang jelas terkait bisnis jalan tol kepada pengguna jalan,” ungkapnya.

- Advertisement -

Kepala Bidang Sistem Informasi Layanan Jalan Tol Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol Ali Rachmadi menyampaikan pentingnya keselamatan dalam melaksanakan pekerjaan di jalan tol, “BPJT telah mengeluarkan Panduan Teknis Keselamatan di Lokasi Pekerjaan Jalan yang diharapkan pengelola jalan tol dapat mengikuti panduan ini agar proses pekerjaan dapat lebih aman,” ujarnya. Selain itu Ali juga menerangkan dari sisi keselamatan di jalan tol, “Faktor penyebab terbesar kecelakaan di jalan tol Trans Jawa adalah faktor human error seperti mengantuk saat mengemudi di jalan tol dan pengemudi kelelahan. Selain itu ditemukan pula pelanggaran kendaraan Over Dimension, Over Load, Overspeed, dan Underspeed yang juga menjadi penyebab kecelakaan. Oleh karena itu, diharapkan Badan Usaha Jalan Tol dapat menyiapkan langkah-langkap antisipasi agar meminimalisir resikonya dan keselamatan di jalan tol semakin baik,” ungkapnya.

Pengamat Transportasi Miming Miharja menjabarkan hasil kajiannya tentang kedisiplinan berkendara di jalan tol, “Saat terjadi pandemi Covid-19, pelaku pergerakan di jalan tol mempunyai attitude atau motivasi menaati protokol berkendara di jalan tol karena hal ini menyangkut bentuk proteksi terhadap dirinya,” imbuhnya. Miming melanjutkan, “Pelaku pergerakan akan melihat role model eksternal di situasi tertentu sebelum memutuskan pengambilan keputusannya,“ ucap Miming.

Selain itu pemateri Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Agus Suryo Nugroho menyampaikan perbandingan fatalitas di jalan tol, “Di tahun ini, angka fatalitas di jalan tol wilayah Jawa Tengah mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dapat tercapai atas kolaborasi dari berbagai pihak, baik dari Satuan Kepolisian, Dinas Perhubungan, Pengelola Jalan Tol, Pengusaha dan pengemudi itu sendiri,”ujarnya. Kemudian Agus melanjutkan, “Peran teknologi menjadi poin penting dalam upaya penegakan hukum yang lebih transparan dan massive di jalan tol,” ujarnya.

Agus juga mengajak seluruh pengendara agar terus meningkatkan kedisiplinan untuk wujudkan keselamatan saat berkendara di jalan tol, “tutupnya.

PT Jasamarga Transjawa Tol mengimbau kepada pengguna jalan untuk terus mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku di jalan tol, memastikan kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan serta beristirahat di rest area yang telah disediakan jika lelah berkendara. Hubungi layanan One Call Center 24 jam Jasa Marga Group di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android jika membutuhkan bantuan dan informasi jalan tol.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER