Minggu, 28 April, 2024

Kementan Gelar Rakoor Percepatan CPCL AKABI bersama Dinas Pertanian Jabar di Bogor

MONITOR, Bogor – Kementerian Pertanian (Kementan), melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Percepatan Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) berkolaborasi dalam mempersiapkan kegiatan Tahun 2024 dengan menggelar Rapat Koordinasi Percepatan CPCL 2024 dan Sosialisasi Sistem Pelaporan Si-Akabi di Sentul, Bogor (31/10/2023).

Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat, yang diwakili oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan siap mendukung program dari Direktorat Aneka Kacang dan Umbi (Akabi) maupun Kementan secara umum.

Bersamaan Direktur Akabi, Enie Tauruslina menyampaikan apresiasi terima kasih kepada provinsi Jawa Barat atas prestasi dan kerja keras bapak-ibu Dinas yang membidangi Pertanian provinsi dan kabupaten atau kota di Provinsi Jawa Barat, sampai dengan petugas lapangan yang telah melaksanakan program komoditas unggulan Nasional Kedelai dan komoditas akabi lainnya.

Rakor CPCL 2024 merupakan langkah persiapan CPCL tahun 2024 yang matang serta persiapan penyiapan benih khususnya komoditi kedelai. Dalam workshop setiap kabupaten siap mensukseskan kegiatan kedelai seluas 28 rb ha, ubi kayu 650 ha, ubi jalar 900 ha, kacang tanah 200 ha, kacang hijau 750 ha, porang 25 ha dan Talas 100 ha.

- Advertisement -

Disamping pelaksanaan rakor, disampaikan pula sosialisasi Sistem Pelaporan Direktorat Akabi (Si-Akabi) bertujuan untuk mewujudkan pemutakhiran data produksi dan pelaporan bantuan pemerintah di Direktorat Akabi yang efektif, efisien dan akuntabel melalui digitalisasi. Sosialisasi aplikasi Si-Akabi yang didampingi oleh Pusdatin Kementan akan mempermudah semua stakeholder dalam mengakses data komoditi akabi.

Dirjen Tanaman Pangan, Suwandi, dalam arahannya menghimbau kepada para peserta untuk selalu berinovasi dalam menyikapi tantangan baik lingkungan maupun tuntutan pasar serta mendorong peningkatan produksi komoditas tanaman pangan, khususnya kedelai.

Acara dihadiri secara daring oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan dan secara luring oleh Direktur Aneka Kacang dan Umbi, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Jawa Barat, perwakilan Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan serta Kabid atau Kasie dan petugas data dari 18 Dinas Pertanian Kabupaten dan Kota Jawa Barat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER