Rabu, 1 Mei, 2024

Tingkatkan Kesadaran Berkendara dan Transportasi Berkelanjutan, Jasa Marga Kembali Gelar Rangkaian Program Road Safety Rangers 2023

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menggelar rangkaian program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Road Safety Rangers 2023 (RSR 2023) yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan kampanye terkait keselamatan berkendara dengan prinsip keberlanjutan, khususnya dalam mewujudkan perjalanan aman dan nyaman di jalan tol serta sebagai upaya mengurangi emisi karbon dari sektor transportasi yang menyumbang 27% dari total emisi. RSR 2023 mengusung tema “Safety Driving with Electronic Vehicle for Sustainable Transport” yang tidak hanya untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara, namun sekaligus mengangkat topik transportasi keberlanjutan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kondisi lingkungan, khususnya polusi udara.

RSR 2023 dibuka dengan kegiatan pre-event RSR Training: Defensive and Responsible Driving with Electric Vehicle (EV) in Toll Road berupa pelatihan Safety Driving dan Eco Driving yang digelar selama dua hari pada 24-25 Oktober 2023. Pada hari pertama, para peserta yang terdiri dari Komunitas Pengendara Mobil Listrik, Pengemudi di lingkungan Jasa Marga, Pengemudi Taksi, dan Komunitas Otomotif lainnya mengikuti pelatihan teori tentang All About Electric Vehicle, Eco Driving, serta Defensive and Responsible Driving. Sedangkan pada hari kedua, para peserta diajak untuk melakukan praktik berkendara yang aman dengan kendaraan listrik dan konvensional di area Buperta Cibubur.

Hadir sebagai narasumber sekaligus membuka acara pre-event RSR Training, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita yang menjelaskan jalan tol sebagai infrastruktur jalan berkeselamatan, dan CEO Indonesia Defensive Driving Center, Bintarto Agung, yang menjelaskan mengenai prinsip dasar dan prosedur road safety.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita, mengatakan bahwa pesatnya pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia, termasuk di jalan tol, menjadi salah satu alternatif solusi transportasi berkelanjutan. Tingginya penggunaan mobil listrik perlu dibarengi dengan kemampuan berkendara bagi pengemudi secara aman dan bertanggungjawab.

- Advertisement -

“Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Jasa Marga untuk mengimplementasikan aspek-aspek Environmental, Social and Governance (ESG) yang ditujukan kepada pelanggan Jasa Marga. Selain memahami cara kerja EV, kita juga harus memahami bagaimana cara mengoperasikannya dengan penuh kesadaran dan kehati-hatian. Diharapkan setelah mengikuti training ini, kesadaran dan pengetahuan tentang Defensive and Responsible Driving dapat diterapkan dengan baik serta disebarluaskan ke sesama pengendara mobil listrik” jelas Atika.

Senada dengan Atika, CEO Indonesia Defensive Driving Center, Bintarto Agung mengatakan bahwa sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh pengguna jalan itu sendiri. Hal ini dikarenakan pengetahuan dasar tentang berkendara yang aman masih sangat minim. Ia juga menambahkan, penyumbang angka kecelakaan terbanyak ada di usia produktif, yang diakibatkan oleh kondisi emosi saat berkendara yang belum stabil.

“Di Indonesia sekolah formal untuk mengemudi itu tidak ada, sehingga kebanyakan pengendara kita di jalan itu adalah hasil belajar otodidak. Untuk itulah, kegiatan RSR ini sangat diperlukan untuk menambah wawasan dari para pengendara, khususnya di jalan tol, agar lebih paham apa itu peraturan yang ada di jalan tol, dan dasar-dasar keselamatan saat berkendara,” ujar Bintarto.

RSR 2023 akan dilanjutkan dengan main event di bulan November 2023 mendatang dengan penyelenggaraan kegiatan Fun Rally & Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) Tour yang akan mengajak para peserta mengenal implementasi Intelligent Transport System (ITS) di jalan tol Jasa Marga Group yang dilanjutkan dengan Fun Rally: RSR Driving Experience yang diikuti oleh sekitar 50 kendaraan listrik. Main event RSR 2023 juga akan ditutup dengan Road Safety Rangers Fest yang akan diisi dengan Talkshow, dipandu oleh moderator dan para speakers yang ahli di bidangnya, serta acara hiburan dan pembagian doorprize.

Rangkaian program Road Safety Rangers 2023 selaras dengan SDGs dengan tujuan nomor tiga, yaitu Kehidupan, Sehat, dan Sejahtera yang secara khusus mendorong keselamatan dan keberlanjutan. Jasa Marga berkomitmen untuk mendukung tercapainya target Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan (RUNK LLAJ) tahun 2021-2040, terutama dalam rangka menurunkan indeks kecelakaan dan fatalitas korban, serta mendukung program pemerintah tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai salah satu upaya mengurangi dampak polusi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER