Sabtu, 27 April, 2024

Berkontribusi Untuk Kemandirian Ekonomi Nasional, Dirut Pertamina Raih Penghargaan Nawacita Award 2023

MONITOR, Jakarta – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meraih penghargaan sebagai tokoh yang menginspirasi dalam membangun Kemandirian Ekonomi Nasional pada ajang Anugrah Nawacita Award 2023.

Dewan Juri menilai Nicke Widyawati yang merupakan 100 wanita berpengaruh di dunia versi Majalah FORBES dinilai menginspirasi dalam upaya mewujudkan kemandirian nasional, karena telah membawa spirit “Bring The Barrel Home” atau membawa hasil produksi migas dari luar negeri untuk diolah di kilang Pertamina untuk mewujudkan kedaulatan energi di Indonesia. Dirut Pertamina ini juga berhasil memimpin Pertamina dalam pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 60% di tahun 2022.

Penghargaan yang digelar oleh Media Nawacita Indonesia, diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly yang berlangsung di Dharmawangsa, Jakarta, pada Jumat (8/9),

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly menyampaikan Anugrah Nawacita Award merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan para tokoh nasional dan tokoh lokal yang menyumbang atau berkontribusi yang besar untuk memajukan daerah maupun bangsa dan negara serta mendukung kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

- Advertisement -

“Nawacita Award ini sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan program Nawacita yang menjadi Program Presiden Jokowi. Saya harapkan momentum ini akan terus dilanjutkan dan calon pemimpin bisa terus memberikan sumbangsihnya ke negara ini,” ujar Menkumham Yasonna.

Saat menerima penghargaan, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan untuk Kategori Kemandirian Ekonomi yang diberikan kepadanya. Menurutnya, kemandirian ekonomi tidak terlepas dari kemandirian energi, karena energi adalah katalis untuk pertumbuhan ekonomi suatu negara.

“Apa yang dilakukan selama ini tentu support semua pihak, dimana saya sebagai pemimpin di BUMN. Ini merupakan kebanggaan, masih banyak PR yang harus dikerjakan. Saya memimpin BUMN hanya menjalankan amanah. Yang paling penting adalah memberikan pelayanan, dan menjadi lokomotif perekonomian nasional, serta mengembangkan UMKM (usaha mikro kecil menengah). Karena inilah kekuatan Indonesia,”ujar Nicke.

Menurut Nicke, ketika krisis energi terjadi, Pertamina hadir untuk menguatkan UMKM. Begitu pula saat terjadinya pandemi Covid-19, Pertamina turut aktif menguatkan UMKM, sehingga dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil dan dikagumi seluruh dunia.

“Tentu bukan pencapaian saya atau Pertamina sendiri, tetapi seluruh warga Indonesia. Karena kemandirian ini memang harus terwujud di semua elemen. Semoga ini menjadi semangat lagi, karena PR-nya setiap hari bertambah terus. Semoga Award ini memberikan semangat kepada Saya, kepada Tim Pertamina juga kepada seluruh bangsa Indonesia untuk lebih bekerja keras lagi mewujudkan kemandirian ekonomi nasional,”pungkas Nicke.

Selain Dirut Pertamina, ada 9 (Sembilan) tokoh nasional lainnya yang mendapat penghargaan Nawacita Award 2023 yakni : Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono (Kategori Pertahanan dan Keamanan), Prof Dr. KH Nasaruddin Umar (Kategori Penguatan Kebhinekaan Indonesia), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (Kategori Pendidikan Karakter Bangsa), Hermus Indou (Kategori Pejuang Demokrasi), ST Burhanuddin (Kategori Penegakan Hukum), Rusdi Kirana (Kategori Infrastruktur, Industri dan Transportasi), dr. Lie Agustinus Dharmawan (Kategori Kesejahteraan Rakyat), Ery Cahyadi (Kategori Pembangunan Daerah), dan Cinta Laura (Kategori Khusus Inspirator Milenial).

Pada malam penganugrahan, Dewan Juri Nawacita Award 2023, Sarman Simanjorang menjelaskan dari semua kategori penghargaan kepada tokoh inspiratif tersebut, kategori kemandirian ekonomi membutuhkan pembahasan yang panjang karena ada 25 nama pengusaha yang diberikan dan sangat sulit untuk menilainya. Namun pilihan jatuh kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

“Kami melihat bahwa prestasi yang dimilikinya luar biasa, mampu membawa BUMN menjadi 150 terbesar di dunia. Dan dalam sejarah juga memiliki keuntungan terbesar tahun 2022, dan pimpinannya merupakan 100 wanita berpengaruh di dunia,”katanya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER