MEGAPOLITAN

El Nino, Damkar Depok Ingatkan Warga Antisipasi Kebakaran hingga Polusi Udara

MONITOR, Depok – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok memberikan imbauan kepada seluruh warga untuk mengantisipasi bahaya kebakaran, kekeringan, dan pencemaran udara. Imbauan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran (SE) Nomor: 900/882-PP.damkar tentang Antisipasi Kebakaran, Kekeringan dan Pencemaran Udara.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Raden Gandara Budiana mengatakan, berdasarkan informasi Kepala Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adanya potensi badai El Nino yang menyebabkan musim kemarau 2023 di Indonesia lebih kering. Sehingga berdampak timbulnya bahaya kebakaran dan kekeringan.

“Juga sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara pada Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Maka perlu adanya antisipasi kebakaran, kekeringan dan pencemaran udara yang dilakukan masyarakat,” tuturnya, Rabu (06/09/2023).

Gandara sapaannya menambahkan, masyarakat harus melakukan sejumlah antisipasi. Yaitu, dilarang membakar sampah, dilarang membuang putung rokok sembarangan dan menghindari bahan mudah terbakar dari panas matahari.

Selanjutnya, jelas Gandara, masyarakat harus menghemat penggunaan air, membuat sumur resapan dan membuat tandon-tandon tempat penampungan air. Lalu, memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan dan banyak mengonsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi.

“Juga menggunakan kendaraan ramah lingkungan, serta apabila terjadi kebakaran segera menghubungi Dinas Damkar pada call center 112,” jelas Gandara.

“Semoga Kota Depok terhindar dari musibah kebakaran dan bencana lainnya,” tandasnya.

Recent Posts

Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite Sesuai Penugasan Pemerintah

MONITOR, Jakarta - PT Pertamina Patra Niaga selaku anak usaha Pertamina menegaskan masih terus menyalurkan BBM…

1 jam yang lalu

644 Tenaga Pendukung PPIH Dibekali Teknis Melayani Jemaah Haji

MONITOR, Jakarta - Kantor Urusan Haji (KUH) pada Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah hari…

3 jam yang lalu

Menag Bertemu Masyariq, Bahas Layanan Arafah, Muzdalifah, dan Mina

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam kunjungan kerjanya ke Arab Saudi menggelar…

4 jam yang lalu

TNI AU Dirikan Posko Satgasud di Posko Induk Tanggap Darurat Bencana

MONITOR, Jakarta - TNI Angkatan Udara mendirikan Pos Komando (Posko) Satuan Tugas Udara (Satgasud), bertempat…

5 jam yang lalu

Industri Alat Kesehatan RI-Turki Jalin Kerja Sama Senilai USD 10,5 Juta

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian terus mendorong pengembangan industri alat kesehatan agar bisa semakin berdaya…

8 jam yang lalu

Badan Karantina Indonesia Perkuat Sistem Ketelusuran Ekspor SBW ke Tiongkok

MONITOR, Jakarta - Kepala Badan Karantina Indonesia (Barantin), Sahat M. Panggabean menyampaikan bahwa untuk memperkuat…

19 jam yang lalu