Jumat, 17 Mei, 2024

Jasa Marga Raih Tiga Penghargaan Predikat Gold Bintang Lima dalam GRC dan Performance Excellence Award 2023

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih tiga penghargaan dalam ajang Governance, Risk Management, and Compliance (GRC) & Performance Excellence Award 2023 yang diadakan pada Rabu (30/08). Jasa Marga menetapkan predikat Gold bintang lima untuk tiga penghargaan yang diperolehnya yaitu The Best GRC For Corporate Risk Management 2023 kategori Transport Industries, The Best Commissioners For GRC Excellence 2023 yang diberikan kepada Komisaris Jasa Marga Chandra Wijaya dan The Best GRC Women Leader 2023 yang diberikan kepada Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Jasa Marga Pramitha Wulanjani.

Hadir mewakili manajemen Jasa Marga dalam malam penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2023 tersebut yaitu Corporate Secretary Jasa Marga Nixon Sitorus dan Risk, Quality, Health, Safet and Environment Group Head Jasa Marga Devi Lusyana. Corporate Secretary Jasa Marga Nixon Sitorus mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang berhasil diraih oleh Jasa Marga. Pencapaian ini membuktikan konsistensi Perusahaan dalam implementasi GRC di tiap lini bisnis Jasa Marga sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja Perusahaan yang berkelanjutan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang kami dapatkan. Ini membuktikan Jasa Marga memiliki kebijakan dan implementasi GCG, Manajemen Risiko (Pengukuran Risk Maturity Index), Manajemen Kepatuhan 2021-2022 serta mekanisme penerapan GRC yang terintegrasi dan berjalan dengan baik,” jelas Nixon.

GRC & Performance Excellence Award tahun ini mengusung tema “ Risk Management at the Speed of Business”. Ajang yang diselenggarakan Majalah Businessnews Indonesia itu didukung oleh Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu anggota seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) yang beranggotakan seluruh BUMN dan anak perusahaan BUMN serta Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

- Advertisement -

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam proses penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2022 sekaligus CEO Businessnews Indonesia, Irnanda Laksanawan menjelaskan, event ini merupakan kegiatan Corporate Rating (award) tahunan di bidang Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance).

“GRC & Performance Excellence Award 2023 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” ujar Irnanda.

Dalam menghadapi kondisi volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas, perusahaan perlu memfokuskan penerapan manajemen risiko disertai dengan pengoptimalan tata kelola perusahaan, dan kepatuhan yang terintegrasi. Ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GRC dalam perusahaannya. GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi, dan audit bisa menjadi pengembangan perbaikan kedepannya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER