Minggu, 28 April, 2024

Jasa Marga Raih Penghargaan TJSL dan CSR Award 2023 Kategori Pilar Sosial dengan Predikat Silver

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih penghargaan TJSL & CSR Award 2023 Kategori Pilar Sosial dengan Predikat Silver yang diadakan oleh BUMN Track dan didukung oleh Indonesia Shared Value Institute (ISVI). Penghargaan dengan tema “Program TJSL dan CSR BUMN melalui 4 Pilar Pembangunan yang menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan UMK yang berkelanjutan” ini diselenggarakan pada Kamis (10/08) di Jakarta.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Perusahaan BUMN yang telah memberikan kontribusi pada lingkungan sekitar yang selaras dengan Peraturan Menteri BUMN tentang program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berpedoman pada ISO 26000.

Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A. B. yang hadir mewakili Jasa Marga untuk menerima penghargaan tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diterima oleh Jasa Marga atas kontribusi Perusahaan dalam menjalankan sejumlah program TJSL untuk masyarakat dan juga lingkungan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BUMN Track dan kepada seluruh masyarakat yang terus memberikan kepercayaan kepada Jasa Marga. Melalui penghargaan yang kami terima ini tentunya dapat menambah rasa semangat Jasa Marga untuk terus menjalankan program TJSL dengan menerapkan konsep Creating Shared Value (CSV) sehingga tercipta sinergi yang berkelanjutan (sustainability) sehingga menciptakan manfaat baik untuk masyarakat maupun lingkungan. Berbagai program TJSL juga kami jalankan di level Anak Perusahaan Jasa Marga yang tersebar dari berbagai wilayah seluruh Indonesia, dengan tujuan agar Jasa Marga dapat terus memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Bagus.

- Advertisement -

CEO BUMN Track SH Sutarto dalam sambutannya menyampaikan, BUMN Track ingin memberikan apresiasi kepada pelaku TJSL BUMN yang selama ini telah memberikan banyak manfaat baik bagi perusahaan maupun masyarakat sekitar.

“Ajang ini merupakan bentuk apresiasi tertinggi kami kepada para BUMN yang telah memberikan manfaat bagi pembangunan empat pilar yaitu Sosial, Ekonomi, Lingkungan, Hukum & Tata Kelola, serta berkontribusi pada penciptaan nilai tambah bagi perusahaan dengan prinsip yang Terintegrasi, Terarah, Terukur dan Akuntabel,” ujar Sutarto.

Senada dengan Sutarto, Ketua Tim Komite Penilai TJSL & CSR Award 2023 Thendri Supriatno mengatakan, lahirnya Permen BUMN PER-1/MBU/01/2023 tentang Penugasan Khusus dan Program TJSL BUMN ditujukan agar BUMN dapat memberikan kemanfaatan dalam empat Pilar Pembangunan. Program ini juga diharapkan memberikan kontribusi dalam pembinaan usaha mikro dan usaha kecil agar lebih tangguh dan mandiri.

“Lewat Permen tersebut, BUMN sebagai kepanjangan tangan pemerintah diharapkan dapat lebih fokus dalam memberikan nilai tambah dan mendukung pembangunan berkelanjutan,” ungkap Thendri yang juga merupakan Founder & Chairman Indonesia Shared Value Institute (ISVI) dan Founder & Chairman Indonesia Corporate Forum For CSR Development (CFCD).

Pada kesempatan yang sama, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana juga mengungkapkan, sepanjang tahun 2023 Jasa Marga terus konsisten menjalankan berbagai program TJSL dan penyaluran bantuan untuk korban bencana di antaranya gempa bumi di Yogyakarta dan kebakaran Depo BBM Plumpang.

“Jasa Marga akan terus konsisten menjalankan Program TJSL dengan tepat sasaran bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Baru-baru ini, Jasa Marga juga menggelar Program Safety Riding dengan berkolaborasi bersama Jasa Raharja sebagai salah satu bentuk program TJSL yang mengedukasi generasi muda akan pentingnya keselamatan berkendara,” ujar Lisye.

Ajang TJSL & CSR Award 2023 ini diikuti oleh 88 perusahaan peserta yang terdiri dari Perusahaan BUMN, Anak Perusahaan BUMN serta BUMN dan Anak Perusahahaan BUMN Tbk. Sebanyak 53 perusahaan lolos seleksi penjurian tahap II yang dilanjutkan dengan proses presentasi dan wawancara pendalaman materi di hadapan dewan juri secara virtual, yang berlangsung selama tiga pekan. Capaian masing-masing perusahaan terdiri dari tiga peringkat, yaitu peringkat bintang lima (Platinum), bintang empat (Gold) dan bintang tiga (Silver).

Didukung oleh para dewan juri yang terdiri dari para pakar profesional bidang CSR, tokoh/praktisi CSR, akademisi, dan media yang kredibel, menjadikan ajang TJSL&CSR Award 2023 memiliki bobot dan integritas yang teruji.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER