Sabtu, 24 Februari, 2024

Pengabdian Masyarakat, Dosen UMB Beri Literasi Inovasi Pengemasan Produk UMKM

MONITOR, Jakarta – Sejumlah Dosen Teknik Industri Universitas Mercu Buana Jakarta mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai aktualisasi diri ke dalam masyarakat, guna untuk memberikan literasi produk dan mengembangkan SDM UMKM agar mampu bersaing secara global.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas produk UMKM serta bersaing secara global maupun internasional.

Kegiatan tersebut dimotori oleh sejumlah Dosen Teknik Industri Universitas Mercu Buana Jakarta yaitu Yusi Anindhita, dan Fitria Sari, secara Virtual yang dihadiri oleh para UMKM dan gerenasi muda, Minggu (16/7/2023).

“Sebagai bentuk implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kegiatan ini rutin dilakukan oleh dosen-dosen Perguruan Tinggi negeri baik swasta,” ujar Yusi Anindhita selaku Dosen Teknik Industri Universitas Mercubuana Jakarta.

- Advertisement -

Yusi menjelaskan gerakan inovasi pengemasan produk UMKM harus ditingkatkan lagi, terutama dalam era teknologi informasi yang semakin canggih saat ini.

Tidak hanya itu, lanjut dia, kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi UMKM, dalam memberikan informasi mengenai produk dengan menggunakan label kemasan, bagaimana teknik pengemasan yang baik dan benar sehingga produk terlindungi dengan aman sampai ke tangan konsumen, serta bagaimana cara memperluas pemasaran produk dan penjualan melalui marketplace supaya dapat menjangkau konsumen lebih luas.

“Komitmen kami, akan terus melaksanakan kegaiatn ini setiap tahun ke para penggerak UMKM guna perkontribusi dalam mengembangkan UMKM dan memajukan perekonomian bangsa,” jelasnya.

Para Dosen juga menjelaskan skema gerakan bagaimana tahap menyalurkan bantuan berupa pengeleman packaging listrik, label, serta kardus packaging.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER