Rabu, 1 Mei, 2024

Rakernas APEKSI 2023, Wali Kota Depok Singgung Pentingnya Pengendalian Inflasi Daerah

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, banyak isu-isu nasional yang dibahas pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Salah satunya terkait pengendalian laju inflasi.

“Pertama terkait masalah kewaspadaan dari pemerintah daerah dalam hal ini Wali Kota terhadap tingkat inflasi khususnya daerah produsen, jangan sampai jatuh ke deflasi,” kata Mohammad Idris, usai menghadiri pembukaan Rakernas APEKSI XVI di Upper Hills Convention Hall, Rabu (12/07/2023).

Idris menyebut, bagi daerah non produsen seperti Depok tentu masih dapat mengimbangi dari sumber lain untuk mengendalikan inflasi di wilayahnya.

Menurutnya, saat ini tingkat inflasi di Kota Depok masih terkendali, sehingga tidak sampai kepada deflasi. Berbagai upaya terus dilakukan Pemkot Depok untuk pengendalian inflasi.

- Advertisement -

“Depok kota konsumen dan jasa, kita terus melaksanakan pemberdayaan UMKM, ekraf (ekonomi kreatif) untuk terus berlaga di pasca pandemi ini, dan juga tentunya jasa, baik properti dan bidang lainnya,” jelasnya.

Isu-isu nasional yang dibahas pada APEKSI XVI ini merupakan arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro.

Dijelaskan Idris, isu dan arahan kedua yang dibahas adalah penguatan persahabatan dan kebersamaan antara peserta APEKSI.

Terlebih di tahun politik ini persaingan begitu ketat, dan pada 2024, sebagian besar kepala daerah atau Wali Kota yang tergabung dalam APEKSI akan purnatugas.

“Hanya sembilan kota yg masih terus sampai 2026, termasuk Kota Depok yang masih berlanjut sampai 2026,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER