Rabu, 15 Mei, 2024

Tingkatkan Implementasi Tata Nilai AKHLAK, Jasa Marga Gelar Rangkaian Acara AKHLAK Festival 2023

MONITOR, Bogor – Dalam rangka memeriahkan serta memperingati HUT Ke-3 AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) sebagai core values BUMN, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar rangkaian AKHLAK Festival 2023 dengan tema AKHLAK Untuk Indonesia “AKHLAK Membudaya, Jasa Marga Sejiwa Berkarya”.

Puncak acara AKHLAK Festival 2023 yang diselenggarakan pada Rabu (05/07) di Bogor, dihadiri oleh dua narasumber ahli yang turut membagikan pengalamannya yaitu Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata dan Direktur Kepatuhan & SDM PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Agus Dwi Handaya.

Turut hadir Komisaris Utama Jasa Marga Mohammad Zainal Fatah, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur serta jajaran Direksi Jasa Marga yaitu Direktur Human Capital & Transformasi Bagus Cahya A.B, Direktur Operasi Fitri Wiyanti, Direktur Pengembangan Usaha M. Agus Setiawan, Direktur Bisnis Reza Febriano, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Pramitha Wulanjani serta para Change Agent Transformasi Jasa Marga yang dikenal dengan para Commander, Group Head Kantor Pusat, Senior General Manager Regional dan Direksi Anak Perusahaan.

Komisaris Utama Jasa Marga Mohammad Zainal Fatah dalam sambutannya mengatakan, core values AKHLAK sangat menginspirasi seluruh karyawan BUMN di Indonesia. Menurutnya, nilai Amanah seharusnya menjadi landasan utama, karena tidak ada kepentingan yang lebih tinggi dari pada menjalankan amanah itu sendiri.

- Advertisement -

“Mari kita semua mengingat kembali tata nilai AKHLAK dan menerapkannya dalam bekerja, karena the ultimate goal dari sebuah kerja itu adalah kepuasan batin masing-masing. Kita semua di sini mendapatkan amanah untuk menjalankan Jasa Marga dengan sebaik-baiknya, sehingga kita bisa menghadirkan yang terbaik dan bisa kita persembahkan kembali kepada pemberi amanah,” ujar Zainal Fatah.

Selanjutnya, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengungkapkan, budaya organisasi di Jasa Marga berbasis pada core values AKHLAK, sehingga seluruh Roadster Jasa Marga bisa menjalankan amanah dengan baik, berpegang pada janji dan komitmen, bertanggung jawab pada tugas, dan yang paling penting berpegang teguh pada nilai moral dan etika.

“Jika kita berpegang pada budaya dan nilai AKHLAK ini, InshaAllah Jasa Marga akan mencapai sustainability dan menjadi perusahaan yang dipercaya baik di kancah nasional dan internasional. Budaya dan tata nilai ini menyatukan business goals, company value dan hubungan interaksi antara karyawan dengan para stakeholder. Maka dari itu, budaya ini harus kita pegang teguh bersama-sama,” ungkap Subakti.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengapresiasi penyelenggaraan acara ini, dimana seluruh unsur di Perusahaan mulai dari Direktur Utama hingga Komisaris Utama berbicara mengenai corporate culture dan core values AKHLAK mengenai bagaimana peran AKHLAK ini bisa mendorong kinerja perusahaan.

“Saya sangat mengapresiasi jajaran Direksi dan Komisaris Jasa Marga sudah sangat menerapkan implementasi core values AKHLAK. Ini akan terus kami lakukan ke setiap BUMN. Dengan culture yang baik, maka kita akan meningkatkan kinerja hingga menghasilkan prestasi kerja yang baik pula sehingga dapat merealisasikan apa yang jadi tujuan BUMN, yaitu memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat,” tutupnya.

Dalam AKHLAK Festival 2023, Jasa Marga juga menggelar launching AKHLAK Space. Pembangunan ruang nyaman dengan fasilitas lengkap ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para Roadster Jasa Marga terutama dalam berinteraksi, berdiskusi dan berkreativitas untuk meningkatkan keharmonisan dan kolaborasi di lingkungan Jasa Marga Group.

Rangkaian AKHLAK Festival 2023 yang diselenggarakan Jasa Marga dimulai dengan Lomba Jasa Marga Impactful AKHLAK Program (JM ImAP) pada bulan April s.d Juni 2023. Perlombaan JM ImAP dilaksanakan untuk menilai kinerja dan efektivitas program budaya AKHLAK di semua Unit Kerja termasuk wilayah dan area operasional di lingkungan Jasa Marga Group yang terbagi menjadi tiga kategori yaitu kategori Motivation Culture, Kategori Capability Culture dan Kategori Engagement Culture.

Rangkaian kemudian dilanjutkan dengan puncak acara AKHLAK Festival yang berlangsung selama dua hari (4-5 Juli 2023). Pada Selasa (04/07), dimulai dengan Forum Commander Jasa Marga Group yang kemudian dilanjutkan pada Rabu (5/7) Town Hall Meeting #6. Kegiatan diisi dengan berbagai rangkaian mulai Forum Commander dan pemberian apresiasi AKHLAK di lingkungan Jasa Marga yang melibatkan seluruh Roadster Jasa Marga Group.

Sebagai bentuk komitmen mengimplementasikan tata nilai AKHLAK BUMN, berbagai upaya dilakukan Jasa Marga satunya dengan membentuk Commander AKHLAK Jasa Marga Group, yang merupakan Change Agent di tiap unit kerja, regional hingga anak perusahaan yang rutin mengikuti pelatihan dan workshop AKHLAK. Hal ini mampu memberikan energi positif dan memberikan contoh budaya berperilaku yang lebih baik lagi di lingkungan Jasa Marga Group.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER