Kamis, 16 Mei, 2024

Jasa Marga Raih Empat Penghargaan di Ajang Penghargaan Human Capital on Resilience Excellence Award 2023

MONITOR, Jakarta – Sebagai pencapaian dalam memperkuat dan meningkatkan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh Perusahaan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyabet empat penghargaan dalam ajang penghargaan “Human Capital on Resilience Excellence Award 2023” yang diselenggarakan oleh PT Indonesia Popular Mandiri. Acara penghargaan berlangsung pada Rabu (05/07) di Jakarta.

Jasa Marga meraih empat penghargaan kategori bintang 4 yaitu: Dynamic Organization Company 2023, The Best Organization Structure, The Best Labor Relation, serta penghargaan khusus yang diraih oleh Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B. sebagai The Best Leadership Development Focus On HC.

Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B. yang menerima penghargaan secara langsung mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan, sehingga Jasa Marga terus konsisten mempertahankan pencapaian positif Jasa Marga dalam mengelola SDM Perusahaan seperti tahun sebelumnya.

“Ini merupakan komitmen kami dalam menjalankan tatanan baru dengan transformasi digital dan penerapan tata nilai AKHLAK dalam setiap kegiatan Human Capital, sehingga daya saing SDM Perusahaan mampu untuk terus tumbuh dan berkompetisi di level apapun. Hingga Desember 2022, Jasa Marga mencatat pemimpin (level BOD-1) di Jasa Marga sebesar 30,38% merupakan perempuan, angka tersebut melebihi target sebesar 23,17%. Sedangkan untuk BOD-1 milenial tercatat sejumlah 39,2% dari target 32,93%. Untuk rasio sumber daya manusia sudah di angka 6,3%. Kami juga sudah melakukan restrukturisasi remunerasi karyawan dan transformasi organisasi,” ujar Bagus.

- Advertisement -

Bagus juga menambahkan, penghargaan ini juga tidak lepas dari kinerja terbaik yang diberikan oleh para Roadster (sebutan untuk karyawan Jasa Marga).

“Tentunya kami akan semakin terpacu untuk terus memberikan kinerja terbaik bagi seluruh stakeholder kami,” tambah Bagus.

Bagus juga menerangkan terkait proses rekrutmen dari Jasa Marga yang menjalani tahapan 6 mission level. Nantinya setelah dinyatakan lulus, karyawan baru Jasa Marga yang diberi nama Jet Roadster tersebut akan melanjutkan sejumlah proses seperti basic character building lap, business process lap, improvement lap, dan final lap.

“Para Jet Roadster juga dibekali dengan satu project berupa kompetisi untuk menerapkan prinsip Creating Shared Value (CSV) dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Tujuan program ini agar Jet Roadster dapat mengelaborasi inovasi-inovasi tentang TJSL,” tambahnya.

Keempat penghargaan yang berhasil diraih Jasa Marga dinilai secara obyektif dan independen oleh Tim Penilai dan Dewan Juri Human Capital on Resilience Excellence Award 2023 setelah mempertimbangkan lima kategori, yaitu Ketajaman Rencana Strategi SDM, Transformasi Digital dalam Pengembangan Human Capital, Peningkatan Skill dan kompetensi SDM menghadapi krisis, Pola Pikir Sistem K3 Terkait SDM (Safety Culture), serta Business Survival atau Upaya Membangun Ketahanan Bisnis.

Ketua Penyelenggara HCREA 2023, Maya Julianti menyebutkan, kegiatan ini merupakan penganugerahan penghargaan kepada Perusahaan yang telah mewujudkan inovasi human capital dalam transformasi digital seperti saat ini. Acara ini juga hadir sebagai apresiasi atas komitmen para pelaku bisnis di bidang human capital.

HCREA tahun ini mengusung tema “Resilient Human Capital with Global Competitiveness.” Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pendorong dan semangat baru para pelaku bisnis dalam mewujudkan inovasi human capital di tengah transformasi digital serta ketahanan bisnis sekarang ini.

Jasa Marga sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di industri jalan tol berkomitmen untuk terus menghasilkan karyawan yang kompeten serta melakukan terobosan dan inovasi untuk dapat terus mentransformasi seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang perusahaan miliki. Dengan mengusung semangat transformasi dan inovasi serta dengan penerapan Tata Nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) Jasa Marga selalu mendorong peningkatan kemampuan kepemimpinan para pemimpin muda untuk membawa perubahan yang baik untuk Jasa Marga dan memajukan Indonesia bersama-sama dengan Perusahaan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER