Sabtu, 27 April, 2024

SMN Salurkan 2 Sapi dan 19 Kambing Hewan Kurban

MONITOR, Trenggalek – Perusahaan pertambangan yang beroperasi di Trenggalek, Jawa Timur, Sumber Mineral Nusantara (SMN) menyalurkan 2 ekor sapi dan 19 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha 1444 H pada Kamis 29 Juni 2023 kemarin. Keseluruhan hewan kurban tersebut disalurkan ke masyarakat di sekitar wilayah operasional dan juga beberapa tempat di Trenggalek lainnya.

Penyaluran hewan kurban ini bersifat rutin dari tahun ke tahun. Pada tahun ini jumlah yang disalurkan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Pada Idul Adha 2022 lalu, SMN menyalurkan tidak kurang dari 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

External Affairs SMN Handi Andrian mengungkapkan, penyaluran hewan kurban oleh SMN merupakan
wujud nyata kolaborasi yang harmonis antara Perusahaan dan masyarakat di wilayah operasional
perusahaan. Perusahaan berkomitmen akan selalu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari
masyarakat Trenggalek. Oleh karena itu, SMN akan berupaya maksimal dan optimal memberikan
dampak positif kepada Trenggalek.

“Ini merupakan kewajiban kami sebagai bagian dari Trenggalek. Perusahaan memiliki sedikit
kemudahan dan kita wujudkan dengan saling berbagi di hari yang baik ini. Alhamdulillah, pada Idul Adha 1444 H kali ini, hewan kurban telah disalurkan ke berbagai desa antara lain Karangrejo, Ngadimulyo, Sumberbening, Dukuh dan juga beberapa pondok pesantren di Trenggalek termasuk pula ke Masjid Agung Trenggalek,” jelas Handi dalam siaran pers nya. Jum’at (30/6/2023).

- Advertisement -

Menurut Handi, penyaluran hewan kurban bukanlah semata melaksanakan perintah agama. Lebih dari
itu, ini merupakan salah satu cara sederhana meningkatkan ekonomi masyarakat. Jika semakin banyak masyarakat yang mampu berkurban, maka semakin banyak pula rejeki untuk peternak hewan kurban. Putaran ekonomi ini secara nyata akan meningkatkan kesejahteraan para peternak.

“Jangan hanya dilihat sebagai ritual setahun sekali. Ini menjadi parameter kesejahteraan. Semakin banyak hewan kurban, maka semakin banyak orang yang berkecukupan. Semakin banyak pula yang akan menerima manfaat dari kurban dan dari transaksi jual beli hewan kurban. Semoga ke depan, SMN akan lebih aktif lagi dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat seiring dengan peningkatan operasional yang ada serta kemampuan perusahaan itu sendiri,” ungkap Handi lagi.

Handi berharap, semoga ke depan SMN dapat memberikan lebih banyak lagi kontribusi positif kepada masyarakat Trenggalek. Peningkatan operasional perusahaan akan terdampak langsung pada peningkatan dampak positif yang ada. Setiap investasi yang hadir di Trenggalek, sekecil apapun, akan sangat berdampak pada kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Semoga makin banyak investor yang hadir di Trenggalek,” harapnya.

Seperti diketahui, SMN merupakan perusahaan pertambangan yang telah memiliki izin operasi
produksi resmi dari Pemerintah. Sebagai pemegang izin operasi produksi, SMN juga selalu taat dan tertib dalam melaksanakan kewajiban keuangan dan perpajakan untuk tambang kepada negara seperti pemenuhan jaminan reklamasi, jaminan pasca tambang, Land rent (dead rent) dan juga pemasukan negara bukan pajak (PNBP) lainnya yang nilainya mencapai miliyaran rupiah per tahunnya.

“Seluruh pencapaian ini tak lepas dari dukungan masyarakat dan Pemerintah, baik daerah maupun pusat,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER