Sabtu, 27 April, 2024

Buka Final OASE PTKI II 2023, Menteri Agama: Mahasiswa Hebat akan Lahir dari Olimpiade ini

MONITOR, Tangsel – Babak final kompetisi Olimpiade Agama, Sains, dan Riset Perguruan Tinggi Kegaamaan Islam (OASE PTKI) II 2023 resmi dibuka oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, Rabu 14 Juni 2023. Bertempat di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, agenda ini mengambil tema “Generasi Inovatif dan Moderat Bergerak Bersama Mewujudkan SDGs”.

Dalam arahannya, Menteri Agama menekankan agar selogan OASE PTKI II Tahun 2023 yakni “Knowledge, Piety, Integrity” tidak hanya menjadi jargon belaka, melainkan baik finalis maupun peserta, serta pihak-pihak yang terlibat dalam agenda dua tahunan PTKI ini tidak menganggap OASE hanya sekedar kompetisi belaka, melainkan sebagai wahana akademis guna menimba pengetahuan selama gelaran.

“Jangan sampai ini menjadi jargon belaka, apalagi peserta sampai tidak paham. Jadi saya berharap olimpiade ini melahirkan generasi masadepan yang memiliki pengetahuan, kesalihan dan integritas. Sehingga para pemimpin negara ini kedepan diisi oleh para alumni PTKI,” ujar Gus Yaqut, sapaan akrab Menteri Agama dihadapam para finalis yang hadir.

Menurutnya, hingga gelaran yang ke dua ini, OASE PTKI telah menorehkan capaian yang menggembirakan, untuk itu kedepan seluruh Civitas Akademika PTKI seluruh Indonesia diharapkan mampu meningkatkan kualitas dalam gelaran-gelaran serupa OASE. Pasalnya, bukan tidak mungkin olimpiade semacam OASE mampu melahirkan mahasiswa-mahasiswa hebat yanh akan membantu kemajuan Bangsa dan Negara.

- Advertisement -

“Saya melihat bahwa OASE PTKI sudah on the righ track, tinggal ditingkatkn kualitasnya saja. Apalagi selogannya Knowledge, Piety, Integrity, 3 hal yang ketika disatukan apa saja bisa kita takhlukkan di dunia ini,” tandas Gus Yaqut.

Sebagai informasi, sebelumnya babak penyisihan sebelumnya dilaksanakan daring menggunakan Comupters Based Test (CBT), Virtual Meeting, dan aplikasi penjurian pada 22-26 Mei 2023. Adapun peserta yang masuk ke babak final, yakni 22 peserta lulus dari 117 peserta lomba matematika, 22 peserta dari 96 peserta lomba Fisika, 24 peserta dari 86 peserta lomba Kimia, 22 peserta dari 107 peserta lomba Biologi.Lalu, 10 tim dari 25 tim Literasi Inovasi Teknologi, 10 tim dari 16 tim lomba Nano Teknologi dan Kesehatan, 10 tim dari 35 lomba produk Halal dan Ketahanan Pangan, dan 10 tim dari 31 Tim lomba Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumber Daya Terbarukan.Babak final juga diikuti tim dan peserta yang lolos seperti 10 tim dari 41 tim Lomba Sosial Keagamaan, 10 tim dari 22 tim lomba Media Pembelajaran, 10 Tim dari 22 Tim Lomba Desain Arsitektur Islam, 10 Tim dari 21 Tim peserta Lomba Astronomi/Ilmu Falak, 10 tim dari 14 Tim lomba Robotik dan Programming. Lalu, 10 tim dari 48 tim lomba karya Tulis al-Quran, 10 tim dari 46 tim lomba Business Plan, 12 tim dari 56 tim Lomba Debat Bahasa Inggris, 12 tim dari 53 tim lomba debat bahasa Arab, 12 tim lomba dari 48 tim lomba Debat Konstitusi.Selanjutnya, 10 peserta dari 54 peserta lomba Qiraatul Kutub Putra, 10 peserta dari 43 peserta Qiraatul Kutub Putri, 12 tim dari 62 tim peserta lomba fahmil Quran, 10 peserta dari 54 peserta lomba Story Telling, 10 peserta dari 52 peserta lomba Da’i Putra, 10 peserta dari 55 peserta Da’i putri, dan 10 tim dari 54 tim lomba Psikologi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER