Kamis, 25 April, 2024

Pantau Setiap Tahapan, Doli Kurnia: Pemilu 2024 Harus Berkualitas

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyatakan pihaknya masih terus memantau kesiapan Tahapan Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024 agar berjalan dengan baik. Hal itu dia sampaikan ketika kunjungan kerja ke Kantor Walikota Depok, Jawa Barat.

“Kami mempunyai kepentingan untuk memastikan bahwa kesiapan pemilu prosesnya berjalan dengan baik, sehingga kita bisa berharap pemilu 2024 lebih berkualitas daripada tahun sebelumnya,” kata Doli kepada awak media, Senin (5/6/2023).

Terkait peningkatan kualitas pemilu 2024, Doli menyatakan Komisi II memastikan dari berbagai tahapan dalam kesiapan pemilu 2024 yang salah satunya adalah tahapan validisasi daftar pemilih.

“Salah satu yang ingin kita (Komisi II) pastikan sampai hari ini, penyelenggara pemilu sudah menyelesaikan berbagai tahapan. Termasuk melakukan tahapan validisasi daftar pemilih,” jelasnya.

- Advertisement -

Politikus Golkar ini menyatakan, tahapan validisasi daftar pemilih akan menjadi pertimbangan sebab pengelolaan data kependudukan berada di pemerintah sehingga perlu koordinasi bagi penyelenggara pemilu 2024 untuk penyesuaian data kependudukan yang masih tanggung jawab disdukcapil.

“Setiap Pemilu diselenggarakan, salah satu isu yang mengemuka adalah persoalan daftar pemilih. Kadang-kadang juga bisa menimbulkan masalah tersendiri, kalau terjadi sengketa antara satu partai dengan partai lain dan juga satu caleg dengan caleg yang lain. Karna tidak adanya sinkronisasi antara data kependudukan dari institusi tertentu dengan institusi yang lain,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER