Senin, 29 April, 2024

Wujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia, Kemenristek Bangun Kampus Polimarin di Bergas

MONITOR, Semarang – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI memulai pembangunan kampus baru Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) di Desa Wringin Putih, Bergas, Kabupaten Semarang.

Ground breaking pembangunan ditandai penekanan tombol oleh Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Kepresidenan (KSP) RI Abetnego Panca Putra Tarigan pada Jumat 2 Juni 2023.

Abetnego menyampaikan, pembangunan kampus terpadu di lahan seluas kurang lebih 30,8 hektare itu merupakan bagian komitmen Indonesia menjadi poros maritim dunia.

“Pembangunan ini merupakan simbol dari komitmen kita mewujudkan poros maritim (dunia) seperti yang disampaikan Bapak Presiden,” kata Abetnego, dikutip Minggu (04/06/2023).

- Advertisement -

Ditegaskan, Kampus Terpadu Polimarin itu nantinya bisa menghasilkan SDM maritim yang unggul dan berdaya saing internasional.

Bupati Semarang melalui Sekda Djarot Supriyoto berharap, kampus baru ini dapat dimanfaatkan untuk
kegiatan pendidikan sebaik mungkin. Selain itu, dapat dipergunakan untuk
aktivitas menuntut ilmu bagi para taruna/taruni, serta civitas akademika.

“Sehingga, tujuan meningkatkan sumber daya manusia unggul, terutama di bidang maritim dapat tercapai,” jelasnya.

Direktur Polimarin Akhmad Nuriyanis menjelaskan, kampus terpadu akan dilengkapi gedung kuliah dua lantai dan asrama taruna dan taruni. Selain itu, juga ada laboratorium atau simulator seluas kurang lebih 5.700 meter persegi. Sedangkan kabel listrik dan fiber optik, akan ditanam di bawah tanah, sehingga kampus terpadu nantinya akan ramah lingkungan dan bernilai estetik.

“Pembangunan direncanakan selesai dalam 210 hari kerja. Diharapkan pada tahun 2024, sudah bisa dimulai perkuliahan di sini untuk mencetak SDM maritim yang bemutu dan berdaya saing internasional,” tuturnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER