Jumat, 19 April, 2024

Konsisten Terapkan SMK3, PT Jasamarga Tollroad Operator Raih Dua Sertifikasi ISO Tahun 2023

MONITOR, Jakarta – PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) selaku Service Provider Jasa Marga Group yang memiliki Proses Bisnis utama dalam Pengoperasian Jalan Tol di Indonesia, berhasil meraih dua sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) tahun 2023.

Sertifikasi standar internasional yang diperoleh PT JMTO ini meliputi ISO 9001:2015 untuk Standar Sistem Manajemen Mutu, serta ISO 45001:2018 untuk Standar Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SM-MK3) diberikan oleh Country Manager British Standards Institution (BSI) Nolia Natalia kepada Direktur Utama PT JMTO Yoga Tri Anggoro pada Seremonial Penyerahan Sertifikat SM-MK3 yang berlangsung di Kantor Pusat Jasa Marga pada Selasa (30/05).

Direktur Utama PT JMTO Yoga Tri Anggoro menjelaskan sertifikasi Sistem Manajemen Standar ISO SM-MK3 dapat meningkatkan kredibilitas Perusahaan, serta nilai tambah yang diperoleh dapat menjadi dasar komitmen yang kuat bagi seluruh karyawan agar terus meningkatkan kinerja secara efektif dan efisien.

- Advertisement -

PT JMTO juga berkomitmen untuk mempertahankan perolehan sertifikasi ISO SM-MK3, terutama dalam meningkatkan portfolio pengoperasian jalan tol yang aman dan nyaman sesuai harapan para pemangku kepentingan serta pengguna jalan, serta senantiasa melakukan inovasi dan perubahan yang lebih baik guna menjaga aspek sustainability di setiap proses bisnisnya.

“Sebagai upaya mempertahankan perolehan sertifikasi ISO ini, PT JMTO akan terus mengembangkan serta meningkatkan kualitas dokumentasi pekerjaan, mengembangkan kompetensi organisasi, memantau dan mengevaluasi kinerja secara teratur, menerapkan perbaikan atau peningkatan kinerja yang berkelanjutan, hingga menerapkan budaya K3 pada setiap kegiatan perusahaan,” ujar Yoga.

Tahapan implementasi dan sertifikasi ISO PT JMTO dimulai dari tahapan Audit Internal yang dilakukan oleh Tim Audit Internal PT JMTO sebanyak satu kali dalam setahun dan dilakukan dengan metode pendekatan sistematik yang dapat membantu dalam pencapaian tujuan PT JMTO. Selanjutnya dilakukan evaluasi terhadap proses dan penilaian data sekaligus proses bisnis guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi di PT JMTO.

Tahapan selanjutnya adalah dengan melakukan Gap-Analysis oleh lembaga sertifikasi terakreditasi yang ditunjuk oleh PT JMTO yaitu British Standards Institution (BSI), serta dilakukan Audit Stage 1 pada Desember 2022 dan Audit Stage 2 pada Januari 2023.

Setelah menerima sertifikasi tersebut, selanjutnya PT JMTO akan melakukan tahap Surveillance dan Re-Sertifikasi oleh lembaga sertifikasi terakreditasi yaitu BSI. Surveillance ini dilakukan pada tahun pertama dan tahun kedua setelah sertifikasi, kemudian Re-Sertifikasi pada tahun ketiga setelah sertifikasi.

Dengan dukungan penuh Manajemen, Jasa Marga menargetkan seluruh Kantor Regional dan Entitas Anak Perusahaan Jasa Marga Group dapat meningkatkan kepedulian pelaku usaha dalam menerapkan kegiatan usahanya yang memperhatikan nilai-nilai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di setiap proses bisnisnya.Sebelumnya, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division, dan PT Jasamarga Transjawa Tol juga telah mendapatkan sertifikasi ISO yang sama.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER