Senin, 27 Mei, 2024

Syaiful Huda: Hardiknas Momentum Evaluasi Program Merdeka Belajar

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, menyatakan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 harus menjadi momentum evaluasi efektivitas Program Merdeka Belajar.

Ia mengungkapkan sejak 3,5 tahun lalu dicanangkan, program andalan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi Nadiem Makarim tersebut seharusnya sudah memberikan indikator keberhasilan atau kegagalan.

“Saat ini setidaknya ada 24 episode dari program Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek,” ujar Syaiful Huda dalam keterangannya, Selasa (2/5/2023).

Dalam setiap episode tersebut, kata dia, berisi sub program dari visi Merdeka Belajar di antaranya program sekolah penggerak, program guru penggerak, program organisasi penggerak, program asesmen nasional, penghapusan tes akademik untuk masuk perguruan tinggi negeri, hingga penghapusan tes calistung bagi siswa PAUD.

- Advertisement -

Namun ia tetap meminta agar berbagai program yang sudah diupayakan benar-benar teruji.

“Berbagai program tersebut tentu merupakan itikad baik dari Mas Menteri namun sebagai sebuah kebijakan maka sudah seharusnya diuji, apakah memang benar-benar memberikan dampak bagi perbaikan kualitas pendidikan di tanah air?” tandas Politikus PKB ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER