Jumat, 3 Mei, 2024

Pemkab Bekasi Genjot Perbaikan Jalan di 143 Titik

MONITOR, Bekasi – Pemerintah Kabupaten Bekasi terus menggenjot perbaikan infrastruktur jalan sekitar 143 titik se-Kabupaten Bekasi dengan menambah alokasi anggaran tambahan dari bantuan APBN di tahun 2023 dan APBD Provinsi Jawa Barat untuk tahun 2024.

Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Kepala Dinas SDABMBK Henri Lincoln saat meninjau jalan di wilayah Kecamatan Tambun Selatan, Selasa (02/05/2023).

“Kalau sumber anggaran, kemarin kan kita sudah bertemu DPR RI, sudah ada kesiapan sekitar Rp 85 miliar untuk dua ruas jalan akan diturunkan tahun ini, sekarang kita bahas teknisnya dari bantuan APBN. Kemudian APBD Provinsi juga ada, tapi memang kemungkinan di tahun 2024,” kata Dani Ramdan saat bersama Sekda Dedy Supriyadi, meninjau perbaikan jalan pada Selasa (02/05/2023).

Anggaran infrastruktur jalan tersebut jelas Dani, akan ada peningkatan di tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

- Advertisement -

“Di daerah CBL, Gabus, dan Cibarusah, memang masih sedang dalam pembicaraan, tetapi sudah semakin mengerucut bisa dilakukan,” tambahnya.

Menurut Dani, banyaknya infrastruktur jalan yang rusak dikarenakan anggaran dua tahun lalu direfocusing untuk penanganan Covid-19. Selain itu kerusakan jalan terjadi karena banyak kendaraan yang melintasi ruas jalan di Kabupaten Bekasi bertonase tinggi.

“Oleh karena kita harus memastikan spek-nya itu betul-betul sesuai dengan yang kita rancang. Nah sekarang kita ada metode e-katalog. Ternyata di sana ada dua keuntungan untuk yang beton kita tidak ada banting-bantingan harga, kedua masa pemeliharaan bisa dua tahun, kalau hotmix satu tahun,” ungkapnya.

Dani meyakini apabila Pemkab Bekasi melalui persetujuan DPRD bisa memiliki sekitar Rp 1 triliun anggaran yang dialokasikan kepada pemeliharaan infrastruktur jalan, maka akan bisa cepat diselesaikan.

“Nanti dengan Dewan ya, makanya Dewan saya ajak, tapi Rp 1 triliun itu pemeliharaan atau perbaikan, belum pembangunan jalan baru, kalau mau jalan baru di atas itu,” jelasnya.

Strategi ini apabila sudah melalui persetujuan DPRD bisa dilakukan, terangnya, dengan membagi peran, seperti jalan lingkungan dengan mendorong Pemerintah Desa, dan APBD dialokasikan ke jalan Kabupaten.

Sementara itu, Kepala Bidang Jalan pada Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi, Heru Pranoto menyampaikan panjang ruas jalan Tambun Selatan – Cimuning yang akan diperbaiki sekitar 1,1 kilometer dengan lebar 5 meter.

“Di tahun ini juga ada perbaikan saluran sekitar 700 meter. Memang dari tahun kemarin sudah kita programkan perbatasan dengan kota, tahun kemarin kita sudah cor yang rusak parah, nah untuk menjaga kemantapan jalan yang rusak ringan, kita perbaiki biar ke depan Kalimalang tetap mulus,” jelasnya.

Sementara mengenai jalan yang akan diperbaiki Pemkab Bekasi di tahun 2023 ini, sambungnya, sebanyak 143 titik jalan Kabupaten.

“Yang sudah termasuk ke dalam SK ruas jalan Kabupaten, itu sama ada yang jalan baru jalan perbatasan Karangsatria ke arah kota yang jalan alternatif buat jalan tanggul, dengan total anggaran kurang lebih Rp 240 miliar,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER