Kamis, 28 Maret, 2024

Pembangunan Perluasan Stasiun Tanah Abang Dimulai

MONITOR, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi meresmikan groundbreaking peningkatan Stasiun Kereta Api (KA) Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (30/04/2023). Diharapkan peningkatan Stasiun KA Tanah Abang ini akan mampu menambah kapasitas daya tampung penumpang dari 100 ribu menjadi 300 ribu orang per hari.

Menhub mengatakan, pembangunan peningkatan Stasiun Tanah Abang di lahan seluas sekitar 4 hektare ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, yakni pembangunan infrastruktur bertujuan untuk meningkatkan layanan masyarakat.

Apalagi, Stasiun Tanah Abang juga merupakan Kawasan Berorientasi Transit (TOD) yang tidak hanya melayani perdagangan di Pasar Tanah Abang, namun juga sebagai salah satu akses bagi para pekerja di kawasan perkantoran sekitar Monas dan Jalan Thamrin.

“Bagaimana kita sebagai pemerintah berkomitmen untuk menunjang angkutan massal dengan baik. Mobilitas masyarakat di Jabodetabek adalah 1,2 juta orang, secara jangka panjang kita akan meningkatkan jumlah penumpang yang bisa dibawa agar jadi 2 juta per hari,” kata Menhub.

- Advertisement -

Sedangkan, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal menambahkan, pengembangan yang dilakukan di antaranya yaitu: pembangunan stasiun baru, penambahan jalur kereta dari empat menjadi enam jalur, penambahan peron dari dua menjadi empat, dan penataan fasilitas integrasi antarmoda. Adapun, nilai investasinya adalah Rp 380,93 milliar dan dijadwalkan rampung pada Desember 2023. Sedangkan, keseluruhan pembangunan dicanangkan selesai pada September 2024.

Stasiun akan dibangun dengan luas bangunan utama 12.000 meter persegi, dan dengan bangunan 2 lantai, yang dilengkapi dengan bangunan komersil dan fasilitas pendukung, serta fasilitas disabilitas.

Untuk diketahui, ruang lingkup pekerjaan dari masing-masing pihak, yaitu Kemenhub membangun Stasiun baru, emplasement (rel, persinyalan), Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di atas jalur KA. Kemudian, Pemprov DKI membangun pelebaran jalan dan fasilitas integrasi antar moda. Sedangkan PT KAI membangun area parkir, pembongkaran Depo dan Stasiun Tanah Abang eksisting.

Turut hadir dalam kegiatan, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal serta jajaran Pemprov DKI dan PT KAI.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER