Jumat, 26 April, 2024

Kapolda Banten Bantu Biaya Siswa Buni, IPW: Tindakan Irjen Pol Prof Rudi Wujud Humanis Polri

MONITOR, Jakarta – Ketua Indonesian Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mengapresiasi Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudi Haryanto yang dengan cepet merespon persoalan yang menimpa salah satu Sisea SMA IM bernama Buni yang menunggak bayaran di sekolahnya. Kapolda Banten dengan cepet mengatasi pembayaran biaya sekolah yang tertunggak sehingga siswa tersebut bisa mengikuti ujian.

“Tindakan Kapolda Banten yang juga seorang guru besar UNILA adalah wujud humanis Polri yang diimplementasikan langsung pada problem personal siswa bernama Buni yang mengalami persoalan biaya sekolah,” kata Sugeng melalui keterangan tertulis Minggu, 16 April 2023.

Menurut Sugeng, persoalan dunia pendidikan terkait ketidak mampuan orang tua siswa dalam membayar biaya sekolah, biaya ujian dan biaya-biaya lain khusnya disekolah swasta perlu mendapatkan perhatian dan solusi sistemik oleh pemerintah provinsi. Karena sesuai tugas dan kewenanganna ditingkat SMA menjadi tanggung jawab gubernur.

“Respon cepat Kapolda Banten adalah tindakan segera yang memang harus dilakukan untuk dapat menyelesaikan masalah Buni agar bisa ujian” ungakp Sugeng.

- Advertisement -

“Dibutuhkan solusi sitestemik oleh gubernur dan Forkominda Profinsi Banten untuk menyelesaikan problem-proplem Buni Buni yg lain. Salah satu langkahnya adalah menyedian anggaran APBD provinsi atau kebijakan gubeenur agar tdk ada lagi pemungutan-pemungutan biaya tidak perlu di sekolah-sekolah swasta yang membebani orang tua murid,” tutup Sugeng.

Sebelumnya, Kapolda IJP Prof. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang memang amat peduli pada kesulitan masyarakat di sekitarnya, khususnya dalam bidang pendidikan, segera menghubungi pihak keluarga Buni, untuk kemudian melunasinya.

Hasilnya, sejak Kamis (13/4/23) Buni sudah bisa ikut ujian. Namun, Buni masih harus ujian susulan karena ia ketinggalan ujian hari Senin, Selasa, dan Rabu 10 – 12/4/2023.

Asep Abdul Muiz, kakak sulung Buni Alaras mengaku telah menerima tranfer Rp4.950.000,- dari IJP Prof Rudy Heriyanto dan akan dibayarkan keesokan harinya (Jumat, 14/04/23).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER