Jumat, 29 Maret, 2024

KEK Lido Diresmikan, Ekonomi Masyarakat Diharap Bertumbuh

MONITOR, Lido – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City di Kabupaten Bogor, Jumat (31/3/2023) kemarin.

Jokowi didampingi sejumlah menterinya, diantaranya Menteri koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono , Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya, Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo Bambang Soesatyo , Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Ridwan Kamil , serta Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo.

Diketahui, KEK Lido ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah nomor 69 tahun 2021 dengan kegiatan utama pariwisata dan industri kreatif.

Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, lahan seluas 1040 Hektar yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini direncanakan untuk dibangun menjadi sentra lokasi wisata dengan berbagai daya tarik, mulai dari theme park kelas dunia, movie land, techno park, kawasan otomotif, golf course, music & arts center, pusat perbelanjaan hingga pusat kuliner.

- Advertisement -

“Bapak Presiden mengatakan bahwa dengan hadirnya KEK Lido ini diharapkan masyarakat akan memiliki alternatif berwisata yang lebih banyak di dalam negeri,” ucap Airlangga Hartarto.

Ia menambahkan KEK Lido juga memiliki potensi ekonomi yang besar, diprediksi dapat menyerap hingga 29 ribu tenaga kerja dengan target investasi senilai Rp.33,4 Trilyun pada tahun 2030 nanti.

“Harapan kita dengan beroperasinya KEK Lido nantinya dapat berdampak meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional kita, menyediakan lapangan kerja dan dapat mensejahterakan masyarakat sekitar secara luas,” tutur Airlangga.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER