Rabu, 24 April, 2024

Usai Temui FIFA, Erick Thohir Diminta Bikin Peta Biru Transformasi Sepakbola Nasional

MONITOR, Jakarta – Usai menemui Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan dirinya mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk membuat peta biru transformasi sepak bola nasional.

Instruksi itu, kata Erick, berdasarkan hasil surat dari Presiden FIFA kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jumat (31/3/2023) siang.

“Membaca surat tersebut, Presiden menginstruksikan saya dua hal. Satu, segera membuat peta biru transformasi sepak bola nasional, seperti waktu disampaikan ketika saya menjadi Ketua PSSI,” ucap Erick Thohir dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat.

Menurut Erick, instruksi Presiden sangat jelas setelah membaca surat dari FIFA tersebut, yakni transformasi sepak bola dan negosiasi kepada FIFA agar Indonesia tidak dikenakan sanksi terberat, yakni tidak berkompetisi dalam kejuaraan mana pun di tingkat dunia, seperti tahun 2015.

- Advertisement -

Dalam instruksinya, Jokowi ingin agar peta biru transformasi sepak bola segera diselesaikan dengan target jangka panjang hingga tahun 2045.

Erick juga diminta memaparkan target yang ingin dicapai ketika Indonesia diperkirakan menjadi negara dengan perekonomian keempat atau kelima terbesar dunia dengan jumlah penduduk 280 juta orang yang 55 persennya adalah anak muda.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER