Kamis, 18 April, 2024

Pemudik Meningkat, Menhub Budi Siapkan Skema Arus Mudik

MONITOR, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menyiapkan skema mengantisipasi Arus Mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H. Diprediksi, jumlah masyarakat pemudik akan meningkat sebesar 47 persen atau mencapai 123 juta orang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, pihaknya sudah menjalin koordinasi dengan pihak-pihak terkait terkait persiapan arus mudik nanti.

“Kami bersama-sama dengan Kakorlantas Polri dan juga Menko PMK sudah berkoordinasi bagaimana me-manage mudik kali ini yang begitu signifikan,” ujar Budi kepada awak media, Senin (27/3/2023).

Budi menjelaskan, berdasarkan data dari Polri dan Korlantas bahwa tingkat kecelakaan paling tinggi adalah menggunakan kendaraan bermotor. Untuk itu, ia menjelaskan Kemenhub telah menyiapkan beberapa program mudik gratis dengan moda bus, kapal laut dan juga kereta api.

- Advertisement -

“Saya harapkan Kementerian lain dan swasta juga mengadakan mudik gratis minimal untuk kalangan mereka sendiri. Supaya apa? supaya tidak membebani apa yang kita programkan,” tutur Budi.

Selain itu, di pelabuhan Merak terdapat 7 pelabuhan dan terdapat tambahan 5 pelabuhan di Ciwandan.

“Kapolri minta beberapa Pelabuhan seperti di Indah Kiat, di Bakau Jaya itu difungsikan. Sehingga, titik keberangkatan itu tidak saja di Merak tetapi ada di Ciwandan, ada di Indah Kiat, dan ada juga di Bakau Jaya,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER